get app
inews
Aa Read Next : Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran Ingatkan Kepala Bapanas Baru Harus Sosok Mumpuni

Megawati Sebut Tingginya Konsumsi Beras Bikin Orang Indonesia Rawan Diabetes

Sabtu, 30 September 2023 | 07:24 WIB
header img
Megawatimenyebut ada kaitan tingginya konsumsi beras dengan penyakit diabetes di Indonesia. Foto: Ist

DEPOK, iNewsDepok.id - Megawati Soekarnoputri menyebut masyarakat Indonesia sangat tergantung kepada beras sehingga rawan mengidap diabetes.

"Beberapa pekan terakhir ini, Indonesia telah merasakannya, dihadapkan pada persoalan kenaikan harga beras dan kebutuhan pokok lainnya. Kalau kembali dilihat karena kita ternyata tergantung sekali dalam kehidupan kita untuk mengonsumsi beras," ucap Megawati di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (29/9/2023).

Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengungkapkan tingkat konsumsi beras masyarakat Indonesia melebihi angka selayaknya.

"Tingkat konsumsi beras per kapita sebesar 96 kilogram dan itu ternyata tertinggi di dunia. Sementara sebenarnya konsumsi beras yang sehat adalah 65 kilogram per orang per tahun," paparnya.

Menurut Megawati berdasarkan laporan Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), Indonesia jadi negara dengan konsumsi beras global terbesar keempat di dunia yang konsumsinya mencapai 35,3 juta metrik ton pada periode 2022/2023. .

Tingginya konsumsi beras berdampak buruk dengan masyarakat Indonesia mudah terkena penyakit diabetes. "Penyakit mungkin yang cukup masuk tertinggi adalah sakit gula atau diabetes," jelas Megawati.

Megawati menilai salah satu solusi adalah penganekaragaman pangan, selain beras.

 

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut