get app
inews
Aa Read Next : Warga RW 12 Jatinegara Olah Sampah Organik Jadi Sumber Energi

Targetkan Zero Waste di Tahun 2024, Depok Targetkan 925 Bank Sampah di Tingkat RW Tahun Ini

Jum'at, 21 Januari 2022 | 15:31 WIB
header img
Ilustrasi bank sampah. Foto: Ist

DEPOK, iNews.id - Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono menargetkan Kota Depok terbebas dari sampah atau zero waste di tahun 2024. Oleh karena itu, sampah harus diolah minimal oleh bank sampah setingkat RW.

“Artinya tidak ada sampah lagi yang keluar, tetapi sudah dimanfaatkan di lingkup RW, baik sampah plastiknya maupun sampah organiknya. Sampah organik bisa dibuat pupuk atau dibuat ecoenzym,” kata Imam Budi Hartono.

BACA JUGA:

Alun-alun Kota Depok Sediakan Keran Air Siap Minum

Oleh karena itu pada tahun 2022 ini Wakil Wali Kota Depok menargetkan sebanyak 925 bank sampah akan terbentuk di tingkat Rukun Warga (RW).

Saat itu, kata Imam Budi Hartono, sudah terdapat 319 bank sampah yang sudah terbentuk.

“Target kita tahun ini bank sampah di Kota Depok di tiap RW harus sudah ada. Ke depan akan ada 925 bank sampah tingkat RW di Kota Depok," ujarnya, Jumat (21/1/2022).

BACA JUGA:

Generasi Milenial Difasilitasi Jadi Petani Berkonsep Urban Farming

Menurut Imam Budi Hartono, adanya bank sampah di setiap RW maka permasalahan sampah bisa selesai di tingkat RW. Selain itu, sampah dapat langsung dipilah sehingga bisa menambah pemasukan warga.

Lebih lanjut Imam Budi Hartono mengungkapkan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung mau ditutup, sehingga jika tidak dipilah dan diolah, maka mau dibuang ke mana sampahnya.

“Sampah plastiknya bisa kita jual, organiknya kita olah jadi eco enzyme atau jadi maggot, semuanya jadi uang," pungkasnya.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut