get app
inews
Aa Read Next : 440 Koper Calon Jemaah Haji Kota Depok Mulai Dikirim ke Embarkasi Kota Bekasi

Pakar Maggot BSF Mulyanto Diharjo Raih Penghargaan dari Plt Wali Kota Bekasi

Senin, 26 Juni 2023 | 20:20 WIB
header img
Mulyanto Diharjo, pendiri Joglo Larva Center, Jatiasih, Kota Bekasi saat mendapat penghargaan dari Plt Walkot Bekasi Tri Adhianto. Foto: Istimewa

BEKASI, iNewsDepok.idMulyanto Diharjo, pegiat lingkungan dengan spesialisasi pengembangan larva Maggot BSF mendapat penghargaan dari Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto.

Mulyanto Diharjo dinilai menjadi inspirator dalam pengelolaan sampah organik di Kota Bekasi. Alumnus Fakultas Biologi Unsoed Angkatan 1992 ini telah mengelola sampah organik dapur dari 1.200 KK di 5 RW Kota Bekasi dengan menggunakan larva lalat Maggot BSF.

Pemberian penghargaan berlangsung di Joglo Larva Center, Koja Jatiasih, Kota Bekasi, Senin (26/6/2023).

Dari Kota Bekasi, hadir langsung Plt Walkot Bekasi Tri Adhianto, pejabat Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Ketahanan Pangan, Bapeda, Camat, dan Lurah Jatiasih.

Juga hadir 20 komunitas binaan Joglo Larva Center, PT Pelayaran Bahtera Adiguna-PLN, Bank Sampah Induk Patriot Kota Bekasi (BSIP), Rumah Kami Peduli, UCare Indonesia dan pegiat lingkungan.

”Mulyanto Diharjo sosok inspiratif dalam pengelolaan sampah organik. Kita harapkan pengelolaan sampah organik dengan menggunakan larva Maggot BSF bisa terus dikembangkan,” kata Tri Adhianto dalam sambutannya, Senin (26/6/2023).

Dengan menggunakan larva Maggot BSF, sampah organik dapur rumah tangga habis terurai. Sementara larva Maggot BSF yang tumbuh membesar setelah memakan sampah organik, bisa digunakan sebagai pakan ikan dan burung karena kandungan proteinnya sangat tinggi.

Dalam kesempatan itu, Mulyanto yang juga pendiri Joglo Larva Center melakukan sosialisasi 1.000 kandang Maggot untuk Kota Bekasi.

”Harapan kita agar proses pengurangan sampah organik dengan menggunakan Maggot BSF bisa lebih cepat berkembang di Kota Bekasi,” kata pria asal Purworejo Jawa Tengah yang berpembawaan ramah ini.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut