get app
inews
Aa Read Next : BNPT RI: Tak Ada Serangan Teror di 2023, Keamanan Indonesia Semakin Baik

BNPT RI Gembira, Tren Toleransi Masyarakat Meningkat 10 Persen

Kamis, 31 Agustus 2023 | 10:28 WIB
header img
Kepala BNPT RI Komjen Rycko Amelza Dahniel saat silaturahmi di Wisma Kedutaan Besar Republik Indonesia di Rabat, Maroko seperti dalam rilis, Kamis (31/8/2023). Foto: doc BNPT RI

RABAT MAROKO, iNewsDepok.id –  Tren toleransi masyarakat mengalami peningkatan dari 61,6 persen menjadi 70,2 persen. Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) menyatakan gembira upaya bersama untuk meningkatkan tren toleransi berhasil.

Kegembiraan tersebut disampaikan Kepala BNPT RI Komjen Rycko Amelza Dahniel saat silaturahmi di di Wisma  Kedutaan Besar Republik Indonesia di Rabat, Maroko seperti dalam rilis, Kamis (31/8/2023).

"Berdasarkan data Setara Institute tahun 2016 dan 2023, tren toleransi alami peningkatan dari 61,6% menjadi  70,2%," kata Kepala BNPT RI dalam silaturahmi dengan masyarakat dan para pelajar Indonesia di Maroko.

Kegiatan silaturahmi ini diadakan bertepatan dengan rangkaian kunjungan kerja Kepala BNPT RI di Maroko. 
Acara ini dihadiri pula oleh Imam Besar Masjid Istiqlal, KH Nasaruddin Umar dan Duta Besar LBBP RI di Maroko Hasrul Azwar.

Rycko menjelaskan peningkatan angka toleransi disebabkan adanya penurunan jumlah kelompok intoleran pasif sekitar 13 persen pada tahun 2023. 

"Angka toleransi membesar  disumbang oleh  menyusutnya kelompok  intoleran pasif dari sebelumnya berada pada angka 35,7% menjadi 22,4% di 2023,"

Kepala BNPT RI ke - 6 ini mengingatkan untuk tetap waspada terhadap perubahan-perubahan strategi yang dilakukan oleh kelompok penganut ideologi kekerasan dalam mempengaruhi masyarakat khususnya generasi muda  yang rentan terhadap derasnya arus informasi.

"Mereka melakukan pola perubahan serangan dari hard menjadi soft approach, dari strategy bullet atau peluru menjadi ballot strategy atau strategi suara. Ini harus kita wapadai bersama," tambahnya.

Generasi muda Indonesia yang telah memiliki sikap toleransi, nasionalisme, dan keberagaman harus terus dipertahankan. Hal ini menjadi tantangan seluruh masyarakat Indonesia  dalam membangun kehidupan sosial yang aman, damai dan harmoni.
 

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut