get app
inews
Aa Read Next : Pekan Olahraga Pondok Pesantren di Kota Depok 2023, Ini Syarat-Syaratnya

Serunya City Tour Keliling Kota Depok Naik Bus OREN

Selasa, 18 Januari 2022 | 21:08 WIB
header img
Diskominfo Kota Depok saat melakukan city tour naik bus OREN, Selasa (18/1/2022). Foto Diskominfo

DEPOK, iNews.id - Warga Depok saat ini bisa berkeliling Kota Depok atau city tour naik bus OREN atau Odong-odong Keren. Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok memfasilitas masyarakat dan wisatawan melakukan city tour tanpa biaya (gratis) naik bus OREN.

Serunya, selama melakukan city tour, masyarakat tak hanya diajak berkeliling kota, namun Disporyata juga memberikan edukasi terkait sejumlah tempat wisata yang ada di Kota Depok. 

“Kami juga berikan edukasi agar masyarakat tahu berbagai sektor wisata di Kota Depok,” ungkap Kepala Seksi Pengembangan Destinasi Dan Industri Usaha Pariwisata Serta Ekonomi Kreatif Disporyata Kota Depok, Christine Desima Arthauli, Selasa (18/01/22). 


Diskominfo Kota Depok saat melakukan wisata alam Kota Depok di Ciliwung pada Selasa (18/1/2022). Foto: Diskominfo

Christine menjelaskan, sektor wisata terdiri dari tiga kategori yaitu wisata alam, wisata buatan, dan wisata budaya. Kota Depok sudah memiliki ketiga sektor wisata tersebut. 

Wisata alam di Kota Depok antara lain Ciliwung dan puluhan situ yang sudah dimanfaatkan untuk wisata. Sementara wisata buatan berupa mal, bioskop, maupun kolam renang. 

Sedangkan untuk wisata budaya, Kota Depok memiliki kawasan heritage di Jalan Pemuda, Gong Si Bolong, Tarian Topeng Cisalak, serta kuliner maupun fashion.

“Sebuah tempat bisa dijadikan destinasi wisata jika memiliki konsep 3A, yaitu atraksi, aksesibilitas, serta amenitas,” jelas Christine.

Mengenai atraksi berarti ada sesuatu yang disajikan saat masyarakat berkunjung. Aksesibilitas yaitu jalan yang terjangkau dan bisa dilalui transportasi. Sementara amenitas dengan sarana dan prasarana pendukung seperti toilet, kantin, dan alat pendukung. 

“Seluruh tempat yang dinyatakan destinasi wisata di Kota Depok sudah memenuhi standar 3A,” paparnya.  

Soal city tour dengan bus OREN ini, pegawai Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok telah merasakan keseruannya.

Saat melakukan city tour keliling Kota Depok, pegawai Diskominfo mengunjungi destinasi wisata seperti Ciliwung di Jalan Juanda Depok, Kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII), dan Rumah Cimanggis, pada Selasa (18/1/2022).

Koordinator Tata Kelola Teknologi Informatika Diskominfo Kota Depok, Tri Uvi Fauziah mengatakan bersama rombongan ia merasa senang dan terfasilitasi dengan adanya bus OREN. Dengan adanya bus OREN ini, mereka dapat mengetahui berbagai destinasi wisata dan peninggalan sejarah di Depok.

“Keren bisa keliling wisata naik bus OREN, harapannya bisa lebih banyak lagi masyarakat yang tahu dan memanfaatkan fasilitas yang disediakan Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok ini,” paparnya.

Menurut Uvi, fasilitas yang tersedia untuk destinasi wisata sudah mencukupi. Saat melakukan city tour, tim dari Disporyata Kota Depok juga memberikan penjelasan mengenai lokasi tersebut.

Alhamdulillah, Disporyata memfasilitasi kegiatan city tour dengan maksimal. Ke depannya harapan kami, para wisatawan lokal diberikan flyer agar informasi yang didapat lebih jelas,” paparnya.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut