get app
inews
Aa Read Next : Dandim Depok Ajak Warga Hadiri Perayaan HUT ke-79 TNI di Monas

Super Mario Bros 2, Sekuel yang ingin tampil beda dari versi aslinya

Minggu, 06 Agustus 2023 | 14:42 WIB
header img
Poster game Super Mario Bros 2 yang dirilis Nintendo. Foto: Istimewa

DEPOK, iNewsDepok.id - Super Mario Bros adalah sebuah permainan video game klasik yang dirilis oleh Nintendo pada tahun 1985 untuk konsol rumahan berjudul Nintendo Entertainment System (NES) oleh Shigeru Miyamoto.

Sejarah terciptanya Super Mario Bros dimulai dari kesuksesan permainan video game sebelumnya berjudul Mario Bros yang dirilispada tahun 1983.

Ketika menciptakan game ini, Miyamoto ingin menghadirkan sebuah permainan platform yang menarik dan menyenangkan dengan karakter yang dapat bergerak dengan lebih dinamis.

Dia menciptakan sebuah karakter bernama Mario, seorang tukang ledeng dari Italia, dan karakter saudaranya, bernama Luigi. Ide ini diilhami dari rencana Nintendo untuk menciptakan sebuah permainan video yang menampilkan tokoh manusia dengan ukuran yang lebih besar dan menonjolkan tampilan pixel yang lebih jelas.

Super Mario Bros seketika menjadi terkenal untuk sebuah game bergenre  petualangan dua dimensi dan dianggap sebagai salah satu video game terbaik sepanjang masa.

Ia juga menjadi tonggak keberhasilan bagi Nintendo dalam membantu mengangkat industri video game ke tingkat yang lebih tinggi. Atas kesuksesannya Nintendo akhirnya mencoba peruntungan dengan merilis seri keduanya yang melanjutkan petulangan Mario namun di dunia yang berbeda.

Pada tahun 1988 Nintendo merilis game Super Mario Bros 2. Pada awalnya, game ini adalah sebuah permainan yang sangat mirip dengan versi pertamanya. Namun, saat Nintendo ingin merilisnya ke luar Jepang, mereka merasa bahwa permainan tersebut terlalu sama, sehingga mereka memodifikasi permainan Jepang berjudul “Doki Doki Panic” dan menggantikan karakternya dengan karakter dari seri Mario.

Itulah mengapa beberapa elemen dalam permainan terasa berbeda. Jika pada versi pertamanya kita diajak berpetualang dengan Mario dalam usahanya dalam menyelamatkan Peach dari kurungan Bowser, pada seri terbarunya ini kita disajikan dengan 4 karakter.  Mario, Luigi, Peach dan Toad dapat dipilih langsung sebelum dimulainya permainan untuk menjelajahi dunia Alternatif dan menyelamatkannya dari monster mirip katak, bernama Wart.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut