get app
inews
Aa Read Next : Ditjen AHU Terus Upayakan Perlindungan Untuk Status WNI Undocumented

Wow! Bundaran Terbesar di Dunia Miliki Keliling 3,4 Kilometer dan 15 Titik Masuk

Selasa, 04 Juli 2023 | 17:16 WIB
header img
Inilah bundaran terbesar di dunia yang memecahkan rekor Guinness.. Foto: Oddity Central

DEPOK, iNewsDepok.id - Inilah bundaran terbesar di dunia yang memecahkan rekor Guinness Record. Bundaran terbesar di dunia adalah bundaran Putrajaya di ibu kota administratif Malasia.

Bundaran terbesar di dunia ini memiliki keliling 3,4 kilometer serta memiliki 15 titik masuk dan keluar.

Bundaran Putrajaya atau Bundaran Sultan Salahuddin Abdul Aziz Shah Persia terletak di jantung Putrajaya, ibu kota administrasi Malaysia. Bundaran ini menjadi salah satu atraksi paling tidak biasa di negara-negara Asia Tenggara.

Melansir Oddity Central, pada Selasa (4/7/2023), Bundaran Putrajaya ini didesain oleh arsitek ternama Malaysia Hijjas Kasturi dan diresmikan pada tahun 2003. Bundaran ini merupakan prestasi rekayasa infrastruktur modern.

Bundaran terbesar di dunia ini dibangun di sekitar Istana Melawati, istana terbesar kedua Malaysia Yang di-Pertuan Agong, Putra Perdana Landmark, dan hotel bintang lima yang mewah. Juga titik akses utama ke tempat-tempat wisata utama Putrajaya, termasuk kompleks kantor perdana menteri berkubah hijau dan masjid kota yang sangat besar.

Memiliki ukuran keliling lebih dari 2 mil (3,4 km), Bundaran Putrajaya sangat beasr berdasarkan standar bundaran. Tapi, karena bentuknya yang elips dan fakta bahwa lalu lintas hanya mengalir dalam satu arah, bundaran ini adalah bundaran fungsional.

Hal yang sama tidak dapat dikatakan mengenai saingan utamanya, bundaran yang sedikit lebih besar di Pelabuhan Spanyol Trinidad dan Tobago. Dengan keliling 2,3 mil (3,7 km), Queen’s Park Savannah secara teknis adalah bundaran terbesar di dunia, tetapi belum secara resmi diakui karena bentuknya yang aneh.

Bundaran raksasa Queen’s Park Savannah ini sama sekali tidak bulat. Bahkan, untuk melintasinya, seseorang harus berbelok tidak kurang dari lima tikungan 90 derajat, sehingga meski lalu lintas mengalir satu arah sejak akhir 1970-an, Queen's Park Savannah belum resmi diakui sebagai bundaran.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut