get app
inews
Aa Read Next : Dinas Kesehatan Kota Depok dan USAID Beri Penyuluhan Penanggulangan TB di Puskesmas Jatijajar

Target Vaksin Booster di RSUI hingga 500 Per Hari, Ini Jenis Vaksin yang Diberikan

Rabu, 12 Januari 2022 | 20:21 WIB
header img
Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), Kota Depok. Foto: Kemkes RI

DEPOK, iNews.id - Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) membuka Sentra Vaksinasi RSUI - Yayasan Wings Peduli untuk vaksin booster COVID-19 per Rabu (12/1/2022). Vaksin booster ini diprioritaskan untuk kelompok lansia usia 60 tahun ke atas.

Direktur Utama RSUI Dr. dr. Astuti Giantini, Sp.PK (K), M.P.H., mengatakan RSUI sudah melaksanakan vaksinasi dosis lanjutan (booster) COVID-19 perdana dengan menargetkan sekitar 300-500 peserta dalam sehari sesuai dengan ketersediaan vaksin.

BACA JUGA:

Vaksin Booster Gratis di Kota Depok Dimulai di RSUI

"Untuk sasarannya, kami mengikuti kebijakan dari Dinas Kesehatan Kota Depok saat ini yaitu untuk kelompok lansia usia 60 tahun ke atas dan pendamping lansia usia minimal 18 tahun," kata dr. Astuti, Rabu (12/1/2022).

Menurut dr. Astuti, satu pendamping lansia wajib membawa minimal satu orang lansia. Vaksin booster dapat diberikan kepada peserta yang telah mendapatkan vaksin dosis ke-1 dan 2 secara lengkap dengan jenis Sinovac dengan jarak minimal 6 bulan dari dosis kedua.

BACA JUGA:

PTM 100 Persen di Kota Depok Tetap Dilaksanakan dengan Pengetatan Protokol Kesehatan

Selain itu, peserta juga disyaratkan telah memiliki tiket vaksin dosis lanjutan (booster) di aplikasi PeduliLindungi. Pendaftaran peserta dapat dilakukan melalui website RSUI www.rs.ui.ac.id. 

Soal vaksin booster yang diberikan, jika vaksin primer Sinovac atau vaksin dosis pertama dan kedua dengan Sinovac akan diberikan vaksin booster sebanyak setengah dosis dengan Pfizer atau AstraZeneca.

Sementara jika vaksin primer AstraZeneca atau vaksin dosis pertama dan kedua dengan AstraZeneca akan diberikan vaksin booster sebanyak setengah dosis dengan Moderna.

Berdasarkan informasi dari Kementerian Kesehatan RI, kombinasi vaksinasi booster yang akan diberikan mulai tanggal 12 Januari 2022 sesuai dengan pertimbangan para peneliti dalam dan luar negeri serta sudah dikonfirmasi oleh Badan POM dan Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

RSUI sebagai salah satu instansi kesehatan terus mendukung pemerintah dalam upaya percepatan vaksinasi COVID-19 untuk masyarakat luas dan mempermudah masyarakat dalam mendapatkan akses vaksinasi COVID-19 sehingga herd immunity dapat segera tercapai.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut