get app
inews
Aa Read Next : Jaring Bibit Atlet dari Depok, Chava Sport Gelar Turnamen Sepakbola dan Voli Usia Dini

Bangun Masyarakat Toleran untuk Cegah Terorisme, Ini Langkah BNPT RI

Rabu, 28 Juni 2023 | 00:57 WIB
header img
Bangbang Surono, Sekretaris Utama BNPT menyebut RAN PE telah memberikan kontribusi positif dalam upaya pencegahan dan penanggulangan ekstremisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme di Indonesia. Foto: doc BNPT RI

JAKARTA, iNewsDepok.id - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) terus mengembangkan langkah untuk menciptakan masyarakat toleran sehingga keamanan dan kedamaian Indonesia semakin terjaga.

Langkah tersebut antara lain meningkatkan keterlibatan masyarakat sipil dalam menerapkan Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan (RAN PE).

Hal tersebut disampaikan Bangbang Surono, Sekretaris Utama BNPT RI
saat memimpin Rapat Koordinasi Kelompok Kerja Tematis 2023 RAN PE
di Jakarta, Selasa (27/06).

Bangbang Surono menekankan pelaksanaan RAN PE memerlukan keterlibatan aktif seluruh pihak agar berjalan secara efektif sekaligus memperkuat kerja sama antara pemerintah dan masyarakat sipil dalam membangun masyarakat yang lebih aman dan toleran.

"Keterlibatan masyarakat sipil menjadi salah satu poin yang menentukan keberhasilan pelaksanaan RAN PE saat ini. Keterlibatan aktif masyarakat sipil melalui pokja tematis juga telah memberikan nilai tambah dalam bentuk pengetahuan dan pengalaman yang beragam dari berbagai sektor masyarakat terhadap implementasi RAN PE," jelas Bangbang.

Bangbang Surono menambahkan bahwa RAN PE telah memberikan kontribusi positif dalam upaya pencegahan dan penanggulangan ekstremisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme di Indonesia.

"Capaian ini tidak hanya menjadi pendorong terhadap keberlanjutan terhadap upaya-upaya pencegahan dan penanggulangan ekstremisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme, namun juga dapat memberikan inspirasi bagi kita semua untuk mewujudkan Indonesia yang lebih aman dan damai melalui kolaborasi multi-pihak ini," tambah Sestama BNPT RI.

Bangbang Surono berharap rapat koordinasi kedua pokja tematis ini dapat dioptimalkan untuk mendiskusikan berbagai langkah dan strategi pelaksanaan RAN PE tahun 2023.

"Kami juga berharap, kerja-kerja yang dilakukan oleh masyarakat sipil dapat menghasilkan rumusan-rumusan rekomendasi yang dapat dijadikan bahan masukan bagi pemerintah untuk dapat lebih mengoptimalkan pencapaian pelaksanaan RAN PE pada tahun 2023 ini," papar Bangbang.

Turut mendampingi Sestama BNPT RI, hadir pula Deputi Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan BNPT RI Irjen Pol Ibnu Suhaendra, Direktur Perlindungan Brigjen Pol Imam Margono, dan Direktur Penindakan Brigjen Pol M Rosidi.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut