get app
inews
Aa Read Next : Jelang Valentine, Titanic versi Remastered Karya James Cameron akan Kembali Tayang di Bioskop

Unik, Spesies Baru dari Kamerun Diambil dari Nama Leonardo DiCaprio

Senin, 10 Januari 2022 | 09:31 WIB
header img
Spesies baru yang ditemukan di Hutan Kamerun, Uvariopsis dicaprio, diambil dari nama Leonardo diCaprio, bintang Hollywood yang juga aktivis lingkungan. Foto: newscientist.com/Lorna MacKinnon

JAKARTA, iNews.id - Aktor Leonardo DiCaprio memang dikenal juga sebagai aktivis lingkungan yang memperjuangkan alam. Aktivitas bintang Hollywood ini dihargai dengan pemberian nama spesies pohon baru yang ditemukan di Kamerun.

Oleh para peneliti dari Royal Botanic Gardens of Kew, London, pohon tersebut diberi nama Uvariopsis dicaprio, demikian mengutip USA Today, Senin (10/1/2022).

Pohon Uvariopsis dicaprio baru ditemukan dan hanya tumbuh di hutan Kamerun, sehingga terancam punah.

BACA JUGA:

Ganjar Pranowo Resmikan Borobudur Edupark yang Suguhkan Edukasi Ini Bagi Wisatawan

Uvariopsis dicaprio merupakan pohon cemara kecil yang mempunyai bunga kuning yang tumbuh di batangnya. Pohon ini dianggap sebagai anggota tanaman kenanga.

Mengutip dari BBC, Dr. Martin Cheek mengatakan pihaknya berpikir DiCaprio krusial dalam membantu menghentikan penebangan hutan Ebo.,

Hutan Ebo merupakan salah satu hutan hujan terbesar di Afrika Tengah yang akan ditebang sebelum DiCaprio menggunakan media sosial untuk menyuarakan diri dalam menentang inisiatif itu.

DiCaprio menyuarakan hal tersebut, di tengah para pakar internasional menulis surat kepada pemerintah mendokumentasikan pelestarian flora dan fauna.

Hutan tersebut dihuni oleh flora dan fauna unik, serta hidup gorila, simpanse dan gajah.

BACA JUGA:

Potret Terbaru Kate Middleton di Ulang Tahun ke-40

Sebagai informasi, Pohon Leo adalah tanaman pertama yang dinamakan oleh peneliti Kew pada 2022.

Sebagaimana diketahui, pemenang Oscar Leonardo DiCaprio telah lama vokal soal perubahan iklim dan lingkungan.

Baru-baru ini Leo membintangi film Netflix "Don't Look Up" yang mengisahkan akhir dunia dari komet mematikan yang menuju planet.

Leo juga memiliki Yayasan DiCaprio yang dibangun sejak 1998. Aktivitas yayasan ini di antaranya telah melindungi gajah di Afrika hingga menjaga beberapa habitat alami California.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani