get app
inews
Aa Read Next : Warga Panik! Kebakaran Hebat di Perumahan Depok Bikin Geger Satu Komplek

Ular Weling Sasar Rumah Warga di Bojongsari, Damkar Kota Depok Turun Tangan

Sabtu, 13 Mei 2023 | 15:18 WIB
header img
Ilustrasi ular weling atau blue krait (Bungarus candidus). Foto: Wikipedia/Wibowo Djatmiko

DEPOK, iNewsDepok.id - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok berhasil mengevakuasi seekor ular weling yang masuk ke halaman rumah warga, di Jalan Raya Curug RT 01 RW 02 Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari, Jumat (12/5/2023) malam. Ular berkadar bisa tinggi, dengan panjang satu meter itu sempat meresahkan warga.

Dibutuhkan waktu 13 menit bagi Damkar Kota Depok untuk mengevakuasi hewan berbisa tersebut.

Kepala Bidang Pengendalian Operasional Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Welman Naipospos mengatakan, pihaknya menerima laporan pukul 20:19 WIB. Kemudian, petugas langsung bergerak cepat menuju lokasi guna melakukan evakuasi.

"Berkat ketangkasan empat petugas dari UPT Bojongsari, tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menangkap ular tersebut," kata Welman dalam keterangan tertulis, Sabtu (13/5/2023).

Welman menuturkan, ular dengan panjang satu meter tersebut, diamankan di rumah warga. Petugas menggunakan sejumlah peralatan antara lain helm, sarung tangan, snake hook, dan grab stick.

"Untuk sementara ular kami bawa ke kantor UPT Bojongsari," tuturnya.

Terakhir, Welman mengingatkan kepada warga apabila menemukan ular di sekitar rumah atau lingkungannya agar tidak mengganggu atau mencoba menangkap sendiri. Terlebih, jika tidak memiliki keahlian untuk mengatasi ular.

“Bisa langsung telepon ke Damkar di nomor 021-77827280 atau lewat Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112. Saat menunggu petugas Damkar datang, diamkan saja, tetap perhatikan gerakannya,” pungkasnya.

Perlu diketahui, ular weling yang memiliki nama latin Bungarus Candidus, adalah spesies ular endemik di Asia Tenggara. Selain weling, ular ini juga disebut ular belang, nama yang juga digunakan untuk kerabatnya yang lebih besar, yaitu ular welang (Bungarus Fasciatus). Nama umum ular ini dalam bahasa Inggris adalah Malayan krait atau Blue krait.

Seperti jenis krait lainnya, weling adalah ular berbisa yang sangat mematikan. Bisa ular ini bersifat neurotoksin atau mampu melumpuhkan jaringan saraf. Gejala yang timbul pada korban gigitan, salah satunya adalah kesulitan bernapas.

Dari catatan 'Clinical Toxinology-Bungarus candidus'. Clinical Toxinology Resources. University of Adelaide, tingkat kematian (Untreated Mortality Rate) akibat gigitan weling pada manusia sebesar 60 sampai 70 persen.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut