get app
inews
Aa Read Next : Tak Melulu Labuan Bajo, Kemenparekraf Gandeng Media Perkenalkan Destinasi Wisata Lain di Flores NTT

BNPT Awasi Ketat Sel-Sel Jaringan Terorisme untuk Amankan KTT ASEAN di Labuan Bajo

Kamis, 11 Mei 2023 | 17:14 WIB
header img
Kepala BNPT RI Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel bersama Menko Polhukam Mahfud MD saat memantau venua KTT ASEAN di Labuan Bajo, Kamis (11/5/2023). Foto doc BNPT RI

LABUAN BAJO, iNewsDepok.id – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) terus mengawasi secara ketat sel-sel jaringan terorisme terkait pengamanan KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo.

Kepala BNPT RI Komjen Pol Rycko Amelza menyatakan hal tersebut di sela-sela kegiatan padatnya dalam memantau beberapa venue acara KTT ASEAN di Laboan Bajo, Kamis (11/5/2023).

"Melakukan deteksi dini terhadap sel-sel jaringan terorisme yang memiliki potensi untuk melakukan serangan ke sini,” kata Kepala BNPT Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel.

Dalam mendeteksi dan mengamankan KTT ASEAN, Rycko mengungkapkan BNPT RI bersinergi dengan semua kementrian/lembaga dan TNI Polri. 

Kepala BNPT menegaskan pencegahan gangguan keamanan KTT ASEAN sangat penting karena nama baik Indonesia dipertaruhkan dalam kancah Internasional. 

“Untuk itu seluruh sumber daya harus diberdayakan dalam mencegah potensi terror," tandas Rycko.

Indonesia Kembali menyelenggarakan event Internasional tingkat Asia Tenggara atau KTT Ke- 42 ASEAN 2023 yang dilaksanakan 9-11 Mei 2023 di Laboan Bajo, Nusa Tenggara Timur. 

Berbagai acara akan dilaksanakan dalam kesempatan itu diantaranya 42nd ASEAN Summit (Opening and Plenary), ASEAN Leaders’ Interface with Representatives of ASEAN Inter Parliamentary Assembly (AIPA), ASEAN Leaders’ Interface with Representatives of ASEAN Youth, dan ASEAN Leaders’ Interface with Representatives of ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC).

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo secara resmi telah membuka KTT ASEAN pada Rabu (10/5). Dalam pembukaan kegiatan yang dihadiri oleh berbagai pemimpin negara sahabat tersebut, Presiden mengajak menjadikan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan.

“Mari bekerja keras menjadi ASEAN Matters: Epicentrum of Growth, dan dengan ini saya nyatakan KTT ke – 42 ASEAN dibuka," kata Jokowi.

Pada hari pertama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN 2023  dilaksanakan lima rangkaian pertemuan diantaranya pembukaan dan Sesi Pleno KTT ke-42 ASEAN, Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA), Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan Pemuda ASEAN, Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC), dan Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan High-Level Task Force on ASEAN Community’s Post-2025 Vision (HLTF-ACV). 

Lima rangkaian pertemuan KTT ASEAN itu, akan ditutup secara langsung oleh Presiden Joko Widodo pada waktu malam hari. Bertepatan dengan kegiatan Welcoming Dinner di Ayana Komodo Waecicu Beach.
 

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut