get app
inews
Aa Read Next : Warga Panik! Kebakaran Hebat di Perumahan Depok Bikin Geger Satu Komplek

Depok Dikenal sebagai Kota Belimbing, yuk Ketahui Manfaatnya untuk Kesehatan

Rabu, 10 Mei 2023 | 12:37 WIB
header img
Selama ini Kota Depok, Jawa Barat dikenal sebagai kota belimbing. Yuks, ketahui manfaat kesehatan buah belimbing. Foto: Pixabay/christian ananta

DEPOK, iNewsDepok.id - Selama ini Kota Depok, Jawa Barat dikenal sebagai kota belimbing. Sebutan tersebut mengacu pada komoditas pertanian yang paling potensial di kota penyangga Jakarta ini, yaitu belimbing Depok atau belimbing dewa.

Sebagai maskot kota, terdapat monumen belimbing dewa di pertigaan RS Brimob Kelapa Dua Depok, yang dibangun Pemkot Depok pada 2012. Dibangunnya monumen tersebut sebagai pengingat Depok memiliki maskot buah belimbing berukuran dewa.

Dari laman resmi Depok.go.id, tanaman belimbing di Depok banyak dikembangkan di lahan-lahan masyarakat dan di sepanjang Kali Ciliwung seperti Kelurahan Pondok Cina, Kelurahan Tugu, Kelurahan Kelapa Dua, dan lain-lain.

Belimbing dewa asal Depok menjadi belimbing unggulan Indonesia versi Trubus, dibandingkan jenis belimbing lainnya. Saat matang berwarna kuning muda hingga oranye, warnanya tampak tajam dan segar, buahnya besar berat dengan rata-rata berat mencapai 0,8 kilogram per buah.

Belimbing dewa terkenal manis, dengan daging buah yang tebal dan mengandung air yang banyak. Selain dikonsumsi segar, belimbing Depok juga diolah menjadi dodol, jus, salad, smoothie, manisan, wingko, mayonaise hingga sirup.  

Manfaat Kesehatan Belimbing

Di samping rasanya yang enak, diketahui belimbing juga memiliki manfaat kesehatan dan bagus untuk diet. Melansir Medical News Today, belimbing ukuran sedang dengan berat 91 gr mengandung 28 kalori, 6,1 gr karbohidrat, 1 gr protein dan 2,5 gr serat.

Belimbing mengandung berbagai vitamin dan mineral yang mengesankan, termasuk antioksidan alami seperti Vitamin C dan asam galat, yang membantu mencegah kerusakan sel.

Selain itu, belimbing ukuran sedang mengandung 121 mg potasium, 31,3 mg Vitamin C, 10,9 mg fosfor, 9,1 mg magnesium, 2,73 mg kalsium, 1,8 mg natrium.

Buah belimbing merupakan sumber antioksidan, termasuk betakaroten dan Vitamin C. Selain memerangi stres oksidatif, Vitamin C sangat penting untuk produksi kolagen, yang dibutuhkan tubuh untuk sehat.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut