get app
inews
Aa Read Next : Tim Pengmas Vokasi UI Dorong Masyarakat Serang Kelola Sampah Plastik Bernilai Ekonomi

Dosen Vokasi UI Dirikan Koperasi dalam Kampus untuk Latih Jiwa Wirausaha Mahasiswa

Minggu, 07 Mei 2023 | 09:59 WIB
header img
VCoop Mart yang ada di Kampus UI, Depok. Foto: Ist

DEPOK,iNewsDepok.id- Sejumlah dosen dan tenaga kependidikan Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) menginisiasi pembentukan VCoop Mart, sebuah unit usaha yang dikelola oleh Koperasi Jasa Trengginas Adhi Mahakarya. VCoop Mart didirikan sebagai fasilitas minimarket dalam kampus serta unit aktivitas pendukung pendidikan bagi para mahasiswa.

VCoop Mart bermitra dengan PT Inti Cakrawala Citra (Indogrosir) dengan skema dari Outlet Minimarket Indogrosir (OMI) yang sudah ada sejak tahun 2001. VCoop Mart terletak di Gedung Business Center Vokasi UI, Depok. Vcoop Mart juga memberikan layanan pembayaran secara digital.

VCoop Mart tidak hanya fokus pada kegiatan jual beli saja, melainkan juga sebagai teaching factory dan sebagai wadah memberikan pembekalan dalam bidang wirausaha kepada para mahasiswa Vokasi UI.

“Didasari oleh tingginya kebutuhan akan hadirnya minimarket di lingkungan Vokasi UI, maka kami menangkap peluang tersebut dengan menghadirkan VCoop Mart. Kami juga meramu agar Vcoop Mart dapat turut serta berkontribusi dalam proses pendidikan sebagai unit pendukung kegiatan pendidikan bagi mahasiswa,” kata Dosen Program Studi Fisioterapi Vokasi UI yang merupakan CEO Koperasi Jasa Trengginas Adhi Mahakarya dan penanggung jawab VCoop Mart, Faizah Abdullah, Minggu (7/5/2023).

Ketua Program Studi Humas Vokasi UI, Mareta Maulidiyanti menuturkan, kehadiran Vcoop Mart ini sebagai bagian dari mengaplikasikan ilmu kehumasan. Mahasiswa Vokasi UI bekerjasama dengan VCoop Mart dalam mengonsepkan teknik branding dan marketing yang tepat.

“Sebagai bagian dari mengaplikasikan ilmu kehumasan, mahasiswa kami bekerjasama dengan VCoop Mart dalam mengonsepkan teknik branding dan marketing yang tepat sehingga dapat mengoptimalkan keberadaan VCoop Mart,” katanya.

Dosen Program Studi Okupasi Terapi Vokasi UI yang juga Manajer Operasional Koperasi Jasa Trengginas Adhi Mahakarya, Gunawan Wicaksono menambahkan,  VCoop Mart bercita-cita mengasah jiwa kewirausahaan bagi sivitas akademika Vokasi UI khususnya mahasiswa yang ingin melakukan wirausaha. Pihaknya melihat bahwa mahasiswa cukup kreatif dalam berwirausaha seperti yang sering dilakukan saat menghimpun dana pendukung kegiatan himpunan mahasiswa.

“Maka, kami membuka kesempatan dalam skema reseller bagi mahasiswa dengan membeli barang dengan harga grosir di VCoop Mart, kemudian menjualnya kembali dengan harga sesuai pasaran sehingga mereka dapat untung dari penjualannya,” kata Gunawan.

Editor : Rinna Ratna Purnama

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut