get app
inews
Aa Read Next : Di Usia 22 Tahun, Natalia Devita Purnama Berhasil Menjadi Wisudawan S2 Termuda ITB 

Tak Mau Warganya Terjerat Rentenir, Kades Sultan ini Gulirkan Pinjaman Pakai Dana Pribadi

Rabu, 03 Mei 2023 | 10:45 WIB
header img
Yosa Novita, Kepala Desa Kawung Hilir Kabupaten Majalengka membuat program pinjaman dana untuk warganya, agar terbebas dari jeratan rentenir. Foto: Instagram @yosanovita27.

DEPOK, iNewsDepok.id – Seorang ibu Kepala Desa (Kades) tengah menjadi sorotan publik dan viral di berbagai media sosial.

Pasalnya ibu Kades tersebut telah membuat program pinjaman dana hingga mencapai ratusan juta rupiah untuk warganya, agar warganya terbebas dari jeratan rentenir.

Ibu Kades inspiratif itu adalah Yosa Novita, Kades Kawung Hilir, Kecamatan Cigasong, Majalengka, Jawa Barat. Yosa Novita menjabat sebagai Kades Kawung Hilir sejak tahun 2021 lalu.

Di ajang pemilihan Kades saat itu, Yosa Novita membuat program pinjaman dana tanpa bunga untuk warganya agar terbebas dari jeratan rentenir di Desa Kawung Hilir.

Program yang dibuat oleh wanita kelahiran 27 April 1965 itu, memberikan pinjaman ke warga desa hingga senilai Rp200 juta. Sementara batasan nilai pinjaman tersebut untuk setiap kepala keluarga adalah maksimal Rp15 juta, dan minimal Rp500 ribu.

Warga yang ingin mengajukan dana pinjaman, cukup menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai bukti terdaftar sebagai warga Desa Kawung Hilir.

Dana program pinjaman tersebut bukan diambil dari anggaran dana desa, melainkan dari dana pribadi Yosa Novita. Oleh sebab itu dirinya mendapat sebutan sebagai ‘Kades Sultan’.

Program pinjaman dana tanpa bunga tersebut sengaja dibuat Yosa Novita, karena dia menganggap keberadaan rentenir di desanya sangat membahayakan kesejahteraan warga desanya. Karena setiap pinjaman dari rentenir tersebut, peminjam akan dikenai bunga sebesar 1 persen.

Selain untuk melawan rentenir, program tersebut juga merupakan cita-cita dirinya bersama almarhum suaminya dalam mencari amal kebaikan disisa hidupnya.

Dan pada 18 Januari 2023 lalu, Yosa Novita kembali membuat gebrakan baru dengan membuat program Anti Kelaparan. Sistem program ini dengan cara meminjamkan beras kepada warganya saat mengadapi musim paceklik.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut