JAKARTA, iNewsDepok.id - Layanan finansial berbasis teknologi informasi Danakini menjadi kerja sama dengan Yokke, perusahaan teknologi penyedia solusi pembayaran digital terlengkap di Indonesia. Tujuanya untuk memangkas waktu transaksi dan verifikasi pembayaran fitur paylater kiniBayar menjadi sekitar 2 menit, namun tetap memastikan keamanannya.
Melalui kerjasama ini, maka memungkinkan pembayaran transaksi dengan paylater kiniBayar dari Danakini melalui mesin EDC (Electronic Data Capture).
Fitur baru ini bisa digunakan mulai April 2023 secara bertahap di toko ACE dan INFORMA Jabodetabek, toko ritel anggota dari Kawan Lama Group.
Gregory Sugyono Widjaja, CEO PT Dana Kini Indonesia (Danakini), mengatakan melihat pertumbuhan pengguna Danakini yang terus meningkat, pihaknya merasa perlu untuk meningkatkan kecepatan dan efisiensi pelayanan.
“Karena itu kami menggandeng Yokke sebagai perusahaan teknologi yang bisa mempercepat proses verifikasi, terutama untuk menjawab kebutuhan milenial sebagai mayoritas pengguna kiniBayar, yang inginnya serba cepat dan ringkas,” ujar Gregory, dalam keterangannya, dikutip Sabtu (8/4/2023).
kiniBayar sendiri adalah fitur pembayaran BNPL (Buy Now Pay Later) yang diluncurkan oleh Danakini pada Agustus 2021. Fitur ini mengakomodasi kebutuhan pengguna untuk pembelian barang ritel dengan pilihan tenor 3, 6, 9 hingga 12 bulan, bunga kompetitif, dan tanpa dipungut biaya admin.
Sejak diluncurkan, pengguna kiniBayar terus tumbuh secara signifikan, bahkan pada kuartal empat 2022, pertumbuhan penggunaannya mencapai lebih dari 90% dibanding kuartal tiga.
Sementara Direktur Utama PT Mitra Transaksi Indonesia (Yokke) Niniek Rahardja mengatakan, kerja sama ini berangkat dari kesamaan misi Yokke dan Danakini yang ingin menghadirkan kemudahan bertransaksi bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia.
Yokke hadir sebagai technology enabler yang memastikan setiap proses transaksi menjadi proses yang aman, nyaman dan lancar,. Sementara Danakini hadir memberikan kemudahan akses pembiayaan bagi semua.
“Penambahan opsi penerimaan pembayaran kiniBayar di mesin EDC Yokke tentunya berangkat dari semangat yang sama; menambah lagi kemudahan dan ragam pilihan bertransaksi bagi konsumen di seluruh Indonesia,” ujarnya.
Untuk melakukan pembayaran, para pengguna Danakini yang telah memiliki limit kiniBayar dan berbelanja di merchant yang sudah bekerjasama dengan Danakini cukup menyebutkan nomor telepon saja kepada kasir.
Kasir kemudian akan menginput nomor telepon beserta nominal pembelanjaan di mesin EDC Yokke. Kemudian pengguna diminta melakukan konfirmasi melalui aplikasi seluler Danakini, memilih tenor pembayaran, dan (bila ada) memasukkan kode promo.
Kemudian proses dilanjutkan dengan penandatanganan persetujuan penggunaan secara digital dan verifikasi melalui kode OTP (One-Time Password) yang akan dikirim ke nomor pengguna.
Untuk semakin memberikan kemudahan dalam berbelanja kebutuhan Idul Fitri, Danakini juga menghadirkan program kiniBayar spesial Ramadan mulai tanggal 5 hingga 26 April 2023. Para pengguna bisa menikmati bunga ringan hingga 0.99% per bulan, untuk tenor 3, 6, 9, dan 12 bulan.
Gregory mengatakan pihaknya mulai mengimplementasikan kemudahan pembayaran dan verifikasi kiniBayar melalui EDC Yokke ini di ACE dan INFORMA, dua ritel besar dari Kawan Lama Group, di Jabodetabek mulai bulan April.
“Nantinya, layanan ini secara bertahap akan hadir di ritel-ritel Kawan Lama Group lainnya. Harapannya, melalui implementasi ini juga program kiniBayar spesial Ramadan, para pengguna dapat semakin dimudahkan untuk berbelanja kebutuhan Hari Raya,” pungkas Gregory.
Sebagai informasi, Danakini merupakan layanan finansial berbasis teknologi informasi bagian dari pilar Commercial Technology Kawan Lama Group yang sudah memiliki izin Otoritas Jasa Keuangan. Layanan ini mempertemukan pemilik dana dan peminjam dana (peer-to-peer lending).
Fokus Danakini membantu keperluan pembiayaan konsumen seperti berbelanja perlengkapan rumah dan gaya hidup, pembiayaan industri mikro, dan pinjaman dana tunai karyawan.
Sementara Yokke, perusahaan teknologi penyelenggara jasa sistem pembayaran dengan misi utama untuk berpartisipasi aktif dalam mendukung terciptanya cashless society yang aman dan nyaman di seluruh Indonesia.
Sejak berdiri apda 2016, Yokke merupakan satu-satunya perusahaan pembayaran di Indonesia dengan kapabilitas layanan yang luas dan menyeluruh; mencakup merchant (channel offline dan online), bank (acquiring dan issuing) dan institusi finansial lainnya (konvensional maupun fintech startup).
Yokke telah berkembang pesat dengan 30 kantor perwakilan dan 1000 orang salesforce yang tersebar di seluruh Indonesia. Saat ini, Yokke mengelola lebih dari 275 ribu EDC merchant dan 2000 lebih merchant online (eCommerce).
Editor : Kartika Indah Kusumawardhani