get app
inews
Aa Read Next : 30 Ucapan Menyambut Ramadhan, Mubarak Keberkahan Berlimpah

5 Manfaat Puasa Ramadan Bagi Kesehatan, Nomor 5 Imunitas Meningkat

Jum'at, 07 April 2023 | 13:31 WIB
header img
Illustrator Bulan Ramadan. Foto: Pixabay

DEPOK, iNewsDepok.id - Selama satu bulan penuh, umat muslim melakukan puasa dari fajar hingga maghrib. Selain sebagai bentuk ibadah, puasa Ramadan juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

Berikut adalah fakta unik tentang kesehatan bagi yang menjalankan ibadah Ramadan yang dilansir halodoc.com.

1. Meningkatkan Kesehatan jantung
Puasa Ramadan terbukti dapat menurunkan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan kadar kolesterol yang tinggi. Puasa Ramadan juga dapat membantu menurunkan berat badan, yang juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Meningkatkan metabolisme tubuh
Saat kita puasa, tubuh kita memakai cadangan energi dari lemak yang tersimpan di dalam tubuh kita. Ini berarti tubuh kita membakar lebih banyak kalori dari biasanya. Selain itu, puasa juga dapat meningkatkan produksi hormon yang membantu mengatur metabolisme tubuh, seperti hormon pertumbuhan dan insulin.

3. Meningkatkan Kesehatan mental
Puasa dapat membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan kepercayaan diri. Disamping itu, puasa juga dapat membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi, yang dapat membantu dalam pekerjaan dan belajar.

4. Membantu mengurangi risiko kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa puasa dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel yang dapat menyebabkan kanker. Selain itu, puasa juga dapat membantu mengurangi kadar insulin dalam tubuh, yang dapat membantu mengurangi risiko kanker.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut