get app
inews
Aa Read Next : Temukan Gaya Olahraga Terbaikmu di hemaviton Fit & Health Festival 2024

Olahraga Yang Aman Dilakukan Saat Berpuasa

Kamis, 06 April 2023 | 09:09 WIB
header img
Olahraga Joging. Foto: Pixabay

DEPOK, iNewsDepok.id - Saat berpuasa kita tetap perlu berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh asupan stamina dan nutrisi yang berkurang saat puasa, memiliki konsekuensi untuk Anda memilih olahraga berintensitas rendah.

Dilansir dari SiloamHospitals.com, dalam kondisi normal, tubuh akan menggunakan karbohidrat sebagai sumber energi. Ketika berpuasa, asupan karbohidrat tubuh berkurang, sehingga tubuh lebih banyak membakar lemak untuk dijadikan energi. Apabila Anda berolahraga saat puasa, maka lemak yang terbakar semakin banyak. Hasilnya, Anda bisa menurunkan atau menjaga berat badan ideal.

Selain itu, olahraga saat puasa juga dapat memicu autofagi dan autolisis, yaitu proses alami penghancuran sel-sel yang rusak dan menggantinya dengan sel baru yang lebih sehat.

 Berikut rekomendasi jenis olahraga yang aman untuk dilakukan saat puasa.

1. Bersepeda 


Olahraga bersepeda. Foto: Pixabay

Bersepeda dengan jarak dekat akan membantu membakar kalori dan lemak. Lalu, mengencangkan otot, menyehatkan jantung, dan membuang stres.

2. Yoga 


Wanita berolahraga yoga. Foto: Pixabay
 
Yoga merupakan olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah dan tidak begitu menguras energi. Gerakan yoga berfokus pada teknik pernapasan untuk meregangkan otot dan membuat otak lebih rileks. Tidak hanya itu, manfaat yoga lainnya adalah membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan kualitas tidur.

3. Joging Ringan 


Olahraga jalan santai. Foto: Pixabay
 
Lakukan joging ringan atau gerakan intensitas yang rendah. Anda disarankan untuk semangat joging pada pagi hari di mana tubuh masih menyimpan banyak energi. Disarankan juga untuk melakukan joging hanya 30 menit per hari. 

4. Jalan Santai 


Olahraga Jogging. Foto: Pixabay

Aktivitas fisik jalan santai akan meningkatkan lebih baik kinerja jantung, otot, dan tulang. Stamina Anda akan terjaga tanpa menyebabkan rasa haus berlebihan sebelum waktu buka puasa tiba.

5. Push Up dan Sit Up 


Olahraga push-up. Foto: Pixabay

Sit up dan push up adalah olahraga berintensitas rendah. Mampu menjaga postur tubuh, membentuk otot perut, mengurangi risiko nyeri pinggul, hingga meningkatkan fleksibilitas tubuh. 

6. Tai Chi 


Olahraga Tai Chi. Foto: Pixabay

Rangkaian gerakan bela diri tai chi juga cenderung fokus pada peregangan dan konsentrasi Anda. Gerakan tai chi bisa Anda jadikan sebagai latihan meditasi untuk meningkatkan ketenangan diri. Olahraga ringan ini bermanfaat bagi tubuh terutama dipadukan dengan ibadah puasa. Antara lain, untuk meningkatkan otot, kestabilan, fleksibilitas tubuh, hingga meningkatkan fungsi kognitif.

7. Pilates


Olahraga Pilates. Foto: Freepik

Rangkaian gerakan pilates dapat disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan masing-masing orang. Pilates bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh, mengatasi stres, serta meningkatkan kekuatan otot.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut