get app
inews
Aa Read Next : Mau Urus Sertifikat saat Ramadhan di BPN Kota Depok? Catat Jadwalnya

4 Doa Berbuka Puasa dalam Berbagai Versi, Lengkap dengan Artinya

Kamis, 23 Maret 2023 | 15:19 WIB
header img
Doa berbuka puasa. Foto ilustrasi: Freepik/macrovector

DEPOK, iNewsDepok.id - Berikut ini 4 doa berbuka puasa dalam berbagai versi yang ada di kalangan umat Islam. Doa berbuka puasa ini harus dibaca, karena mengingat Allah dan mensyukuri nikmat-Nya sebelum makan adalah sesuatu yang baik.

Beberapa ulama mengatakan doa berbuka puasa harus dibaca sebelum menyantap makanan atau minuman untuk membatalkan puasa di waktu maghrib. Sementara ulama lainnya mengatakan doa tersebut harus dibaca setelah seseorang menyantap makanan atau minuman.

Dalam syariat Islam sebenarnya tidak ada ketentuan khusus mengenai doa berbuka puasa yang harus dibaca. Pada umumnya, umat Islam dianjurkan untuk membaca basmalah setiap akan menyantap makanan.

Sebagaimana hadist Nabi Muhammad SAW, yang berbunyi:

 إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَذْكُرِ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فَإِنْ نَسِىَ أَنْ يَذْكُرَ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فِى أَوّلِهِ فَلْيَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ أَوّلَهُ وَآخِرَهُ

Artinya: Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah Ta’ala. Jika ia lupa untuk menyebut nama Allah Ta’ala di awal, hendaklah ia mengucapkan: Bismillaahi awwalahu wa aakhirohu (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya). Hadits Shahih [HR. Abu Daud no. 3767, Ahmad 6/207-208 dan At Tirmidzi no. 1858 dari Aisyah Radhiallahu’anha.

At Tirmidzi mengatakan hadist tersebut hasan shahih. Demikian pula Syaikh Al Albani yang menilai hadist tersebut shahih di kitab Irwaul Ghalil Fi Takhrij Ahaadits Manaris Sabiil no. 1965.

Lantas bagaimana doa berbuka puasa dalam berbagai versi? Berikut ini doa berbuka puasa dalam berbagai versi, seperti dirangkum pada Kamis (23/3/2023):

Doa Berbuka Puasa

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut