get app
inews
Aa Read Next : Kunjungi Rhoma Irama di Depok, Sandiaga Ajukan Musik Dangdut Jadi Warisan Budaya Tak Benda

Rhoma Irama Ditegur Gara Gara Bawakan Intro Lagu ‘Smoke On The Water’

Selasa, 14 Maret 2023 | 17:03 WIB
header img
Penampilan Rhoma Irama saat tampil di konser Deep Purple World Tour 2023. Foto : Instagram @rhoma_official.

DEPOK, iNewsDepok.id – Konser grup band legendaris asal Inggris Deep Purple yang digelar di Gedung Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Solo pada Jumat (10/03/2023), menampilkan band pembuka Raja Dangdut Rhoma Irama dan Soneta grup.

Rhoma Irama dan Soneta grup sukses membuka konser yang bertajuk Deep Purple World Tour 2023 dengan lagu lagu hitsnya. Namun sebuah kejadian yang tidak mengenakan terjadi di awal penampilan Rhoma Irama.

Saat membuka konser dengan salah satu lagu hitnya, Rhoma Irama menyelipkan nada intro lagu ‘Smoke On The Water’ milik Deep Purple. Sesaat kemudian tampak seorang pria naik ke atas panggung yang diduga kru Deep Purple, menghampiri dan menegur Rhoma Irama.

Penampilan Rhoma Irama dan Soneta grup sempat sedikit terganggu. Namun dengan kepiawaian Sang Raja Dangdut yang langsung improvisasi memainkan nada gitarnya masuk ke nada lagu yang sebenarnya, lagu yang dibawakan sukses menghibur penonton. Bahkan penonton memberi sambutan tepuk tangan dan teriakan yang sangat meriah.

Moment tersebut sempat dibagikan oleh salah satu pengguna Twitter @swetermerah, pada Minggu (12/03/2023).

“Indonesia diajarkan bagaimana pentingnya nilai hak kekayaan intelektual oleh Deep Purple kemaren..,” tulis akun Twitter @swetermerah di unggahan videonya.

Sementara Rhoma Irama memberikan keterangan kepada wartawan bahwa sebelum acara dimulai dirinya dan Soneta grup sudah dikonfirmasi bisa membawakan intro lagu ‘Smoke On The Water’ milik Deep Purple. Dan Sang Raja Dangdut sangat menyesal hal itu bisa terjadi.

"Itu saya sesalkan, sebelum pentas oke, kita konfirmasi, saya kan enggak mau ada apa apa. tiba-tiba ada accident," kata Rhoma Irama.

Rhoma Irama juga mengaku bahwa pihak promotor sudah meminta maaf kepada dirinya atas kejadian tersebut.

Meski menjadi band pembuka di konser Deep Purple World Tour 2023, Rhoma Irama menjelaskan bahwa dirinya tak sempat bertemu secara langsung dengan grup band legendaris asal Inggris itu.

Bagi pecinta musik generasi tahun 1970-an, pasti paham jika banyak musisi tanah air di era itu yang karya karyanya terinspirasi oleh musisi luar negeri, seperti Deep Purple, Led Zeppelin, Rolling Stones, The Beatles, dan masih banyak lagi.  

Seperti halnya Rhoma Irama yang mengaku dirinya juga terinspirasi dari karya karya Deep Purple. Bahkan Deep Purple menginspirasi Rhoma Irama untuk membuat gebrakan baru pada genre musik Dangdut di tanah air.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut