get app
inews
Aa Read Next : Prabowo Menerima Tawaran Cak imin Untuk Bekerja Sama Membangun Bangsa

Tips Memilih Kaca Film Gedung Agar Ruangan Lebih Terkesan Modern

Sabtu, 11 Maret 2023 | 12:41 WIB
header img
Penggunaan kaca film gedung atau stiker, banyak diminati masyarakat umum ataupun instansi pemerintahan. Foto: Instagram/kacafilmgedung

DEPOK, iNewsDepok.id - Tren pemasangan kaca film gedung dan stiker pada bangunan perkantoran dan perumahan saat ini cenderung meningkat dan digandrungi, karena banyaknya keuntungan yang bisa didapatkan dari pemasangan tersebut. Selain membuat ruangan lebih terlihat indah dan memiliki nilai estetis, pemasangan kaca film gedung juga memberikan faktor keamanan dan kenyamanan orang yang ada di dalam ruangan tersebut.

Kaca film gedung adalah lapisan tipis film plastik yang dipasang pada permukaan kaca pada gedung atau ruangan, untuk mengurangi jumlah sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan. Sehingga membantu mengurangi panas yang terasa dan mengurangi penggunaan pendingin udara.

Kaca film gedung juga dapat membantu memperbaiki kualitas udara dalam ruangan dan meningkatkan privasi dengan mengurangi sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan. Kaca film gedung dapat digunakan pada berbagai jenis bangunan, seperti perkantoran, ruangan pribadi, hotel, pusat perbelanjaan, rumah sakit dan tempat umum lainnya.

Kali ini iNews Depok, akan membahas manfaat penggunaan kaca film gedung, serta tips dan trik pemasangannya. Menurut Ahmad Janan, pemilik jasa usaha pemasangan kaca film gedung dari Surya Cemerlang Artistik mengatakan, beberapa tren yang dapat dilihat dalam pemasangan kaca film gedung dan stiker di antaranya, untuk menjaga privasi dan keamanan ruangan atau bangunan itu sendiri.

"Kaca film gedung dan stiker bisa membantu meningkatkan keamanan dan privasi di bangunan perkantoran dan perumahan dengan cara mengurangi kemampuan orang untuk melihat ke dalam ruangan. Ini bisa membantu mengurangi risiko pencurian atau perampokan serta mempertahankan privasi orang dalam ruangan tersebut," kata Janan, kepada iNews Depok, Sabtu (11/3/2023).

Selain itu, Janan mengungkapkan pemasangan kaca film bisa mengurangi cahaya atau panas matahari yang masuk ke ruangan. Secara estetika, pemasangan kaca film juga bisa mempercantik ruangan dan memberikan kesan modern di ruangan itu.

"Kaca film gedung dapat membantu mengurangi panas matahari yang masuk ke dalam ruangan. Kaca film gedung dapat membantu melindungi furnitur, karpet, dan bahan lain dari paparan sinar UV yang bisa membuat warna memudar dan merusak," katanya

"Pemasangan kaca film gedung dan stiker dapat memberikan tampilan yang lebih modern dan menarik pada bangunan perkantoran dan perumahan. Stiker dengan gambar atau desain tertentu bisa memberikan sentuhan artistik pada bangunan tersebut," imbuh Janan, yang berkantor di Cilandak, Jakarta Selatan.

Bicara tren, Janan menjelaskan, banyak masyarakat memanfaatkan kaca film gedung atau stiker dengan motif tergantung pada preferensi individu atau tujuan tertentu. Namun, Janan menjelaskan ada empat motif umum yang populer di kalangan masyarakat.

Yang pertama adalah motif privasi, yaitu kaca film atau stiker dengan motif privasi dapat memberikan ruang privasi dan keamanan dengan membatasi pandangan orang dari luar. "Motif privasi yang umum digunakan meliputi motif polos, motif salju, motif bunga, atau motif geometris," ujar Janan.

Kedua motif dekoratif, yaitu stiker dan kaca film dengan motif dekoratif digunakan untuk mempercantik tampilan bangunan atau gedung. Motif dekoratif yang populer dapat mencakup pola geometris, gambar alam, atau gambar grafis.

Ketiga yaitu motif branding, yaitu motif yang memiliki logo perusahaan atau merek tertentu yang dapat digunakan untuk branding atau promosi. Ini dapat membantu memperkuat citra merek dan meningkatkan kesadaran merek atau brand awareness.


Pemasangan kaca film gedung dan stiker di beberapa perkantoran atau bangunan instansi pemerintahan. Foto: Instagram/kacafilmgedung 

Terakhir yaitu motif keamanan. Motif keamanan dapat memberikan perlindungan tambahan terhadap kejahatan seperti pencurian atau vandalisme. Motif keamanan dapat mencakup pola zigzag, lingkaran, atau garis-garis.

"Namun, penting untuk diingat bahwa pemilihan motif kaca film atau stiker harus disesuaikan dengan tujuan dan fungsi bangunan tersebut, serta mengikuti peraturan yang berlaku di daerah setempat," kata Janan.

Untuk pemasangan stiker atau kaca film gedung tidak rumit. Janan menjelaskan, hal yang paling utama adalah bagian atau lapisan yang akan ditempeli stiker tersebut dalam kondisi baik, contohnya pada bangunan kaca ruangan atau tembok.

"Pemasangan pada kaca atau lapisan yang memiliki tekstur atau permukaan yang tidak rata, dan yang rusak," kata Janan, yang telah menggeluti usaha jasa pemasangan kaca film sejak 2010.

Dalam perawatan stiker atau kaca film gedung tidaklah rumit. Untuk perawatan kaca film yang sudah terpasang, Janan hanya memberikan kiat-kiat yang cukup sederhana.

"Hindari membersihkan kaca film dengan bahan-bahan abrasif atau kuat, seperti sikat kasar atau pembersih karpet, karena dapat merusak permukaan kaca film. Gunakan air sabun atau pembersih kaca yang lembut untuk membersihkan kaca film," kata Janan.

Selain itu, hindari juga bahan kimia berbahaya untuk membersihkan lapisan kaca. Dan rajin membersihkan serta memeriksa bila ada kerusakan. "Hindari penggunaan bahan kimia atau alkohol untuk membersihkan kaca film, karena dapat merusak lapisan kaca film. Bersihkan kaca film secara teratur untuk mencegah kotoran menumpuk dan memperpanjang umur kaca film," kata Janan.

Bicara usaha pemasangan kaca film gedung dan stiker, Janan mengaku telah menekuni usaha ini sejak 2010. Hal itu ia ketahui dari usaha rekannya, sehingga kemudian ia belajar membuat usaha kecil menengah di bidang pemasangan kaca film.

"Awalnya saya belajar ilmu selling dalam hal usaha ini. Akhirnya sejak 2010 saya bikin usaha ini dengan nama Surya Cemerlang Artistik," kata Janan.


Pemasangan kaca film gedung. Foto: Instagram/kacafilmgedung 

Bahkan, ia juga sudah mempromosikan usahanya melalui website www.kacafilmgedung.com, dan siap menjawab pertanyaan masyarakat dalam hal tampilan rumah atau perkantoran.

Dari pengalamannya, Janan telah melayani jasa pemasangan kaca film gedung dan stiker, hampir ke seluruh wilayah Indonesia, mulai dari Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat dan bahkan tak jarang pelanggan menggunakan jasanya untuk dipasang sendiri di luar negeri.

Usaha ekonomi kreatif yang ia jalani ini juga turut terlibat dalam pembuatan kaca film gedung di sejumlah instansi pemerintahan, fasilitas layanan umum dan ruangan di hotel berbintang.

"Ini kan usaha ekonomi kreatif, harus didukung. Dari pengalaman, kami pernah memasang stiker atau kaca film gedung seperti di Gedung Nusantara V DPR RI, Kantor Kemendikbud dan seluruh stasiun MRT berkerja sama dengan kontraktor" pungkasnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut