get app
inews
Aa Read Next : Inilah 3 Alasan Penyebutan Malam Lailatul Qadar, Maknanya Begitu Dalam

Inilah 7 Amalan Nisfu Syaban, Salah Satu Malam Istimewa dan Mustajab Bagi Umat Islam

Selasa, 28 Februari 2023 | 08:07 WIB
header img
Inilah 7 amalan Nisfu Syaban. Foto: Freepik/rawpixel

DEPOK, iNewsDepok.id - Berikut ini 7 amalan Nisfu Syaban yang dianjurkan untuk kaum muslim. Bila amalan tersebut dikerjakan maka umat Islam akan mendapatkan pahala dan keistimewaan.

Malam Nisfu Syaban diperingati setiap tanggal 15 Syaban dalam kalender Islam. Di tahun ini, malam Nisfu Syaban jatuh pada Rabu (8/3/2023).

Meski demikian, umat Islam bisa memperingati malam Nisfu Syaban pada Selasa (7/3/2023) selepas shalat Isya, karena berdasarkan penanggalan qomariah perhitungan hari diawali pada malam hari selepas magrib.

Malam Nisfu Syaban merupakan salah satu malam istimewa dan mustajab bagi umat Islam. 

Direktur Aswaja Center PWNU Jatim, KH Ma'ruf Khozin dalam buku kecil berjudul Mana Dalil Nishfu Syaban mengatakan asal usul peringatan Malam Nishfu Sya'ban dilakukan pertama kali oleh para Tabi'in (generasi setelah Sahabat Nabi) di Syam Syria.

Para generasi tersebut di antaranya Khalid bin Ma'dan (perawi dalam Bukhari dan Muslim), Makhul (perawi dalam Bukhari dan Muslim), Luqman bin 'Amir (al-Hafidz Ibnu Hajar menilainya 'jujur') dan sebagainya. Mereka mengagungkannya dan beribadah di malam tersebut. 

Adapun dalil amalan malam Nisfu Syaban disebutkan dalam Kitab Sunan Ibn Majah juz 1 halaman 444, hadits nomor 1388:

عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا كَانَتْ لَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَقُومُوا لَيْلَهَا وَصُومُوا نَهَارَهَا فَإِنَّ اللَّهَ يَنْزِلُ فِيهَا لِغُرُوبِ الشَّمْسِ إِلَى سَمَاءِ الدُّنْيَا فَيَقُولُ أَلَا مِنْ مُسْتَغْفِرٍ لِي فَأَغْفِرَ لَهُ أَلَا مُسْتَرْزِقٌ فَأَرْزُقَهُ أَلَا مُبْتَلًى فَأُعَافِيَهُ أَلَا كَذَا أَلَا كَذَا حَتَّى يَطْلُعَ الْفَجْرُ

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut