get app
inews
Aa Read Next : Stasiun Depok Baru Nyaris Terbakar, Kompor Meledak dari Konter Roti Salman

Warga Depok, Yuk Mengenal Perbedaan Depok Lama dan Depok Baru

Rabu, 22 Februari 2023 | 10:16 WIB
header img
Perbedaan Depok Lama dan Depok Baru. Foto ilustrasi Alun-alun Depok, Ist

DEPOK, iNewsDepok.id - Warga Depok apakah sudah mengenal perbedaan Depok Lama dan Depok Baru? Ternyata perbedaan keduanya bukan hanya sekadar nama stasiun lho!

Kawasan Depok Lama tidak terlepas dari keberadaan Stasiun Depok, yang lebih dikenal masyarakat dengan sebutan Stasiun Depok Lama. Stasiun ini berlokasi di Jalan Stasiun Depok Lama, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas.

Di Depok sendiri terdapat 5 stasiun KRL Commuter Lain, di antaranya Stasiun Depok Lama, Stasiun Depok Baru, Stasiun Pondok Cina, Stasiun Universitas Indonesia (UI) dan Stasiun Citayam.

Di samping nama stasiun, ada beberapa perbedaan antara Depok Lama dan Depok Baru yang memiliki sejarah tersendiri sejak jaman kolonialisme Belanda.

Sebelum membahas perbedaan Depok Lama dan Depok Baru, kita membahas terlebih dulu mengenai Kota Depok. Kota Depok berada di Provinsi Jawa Barat (Jabar) dengan luas wilayah 200,29 kilometer persegi.

Secara geografis, Kota Depok berbatasan dengan Provinsi DKI Jakarta di sebelah utara, Kabupaten Bogor di sebelah selatan dan timur, serta Kota Tangerang Selatan di sebelah barat.

Kota Depok berdiri pada 27 April 1999. Tanggal peresmian Kota Depok ini dijadikan sebagai Hari Jadi Kota Depok. Sebelumnya Kota Depok terbentuk dari Kota Administratif (Kotip) Depok, yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Bogor.

Depok memiliki 11 kecamatan dan 23 kelurahan. Mengutip laporan BPS bertajuk “Kota Depok dalam Angka 2022”, 11 kecamatan di Depok, yaitu Sawangan, Bojongsari, Pancoran Mas, Cipayung, Sukmajaya, Cilodong, Cimanggis, Tapos, Beji, Limo, dan Cinere.

Nah, penasaran dengan perbedaan Depok Lama dan Depok Baru? Simak pembahasan berikut ini, seperti dirangkum dari berbagai sumber pada Selasa (21/2/2023):

Perbedaan Depok Lama dan Depok Baru

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut