get app
inews
Aa Read Next : Mengenal Kampung Unik Pecinan Jakarta, Yuk Jelajahi Saat Libur Lebaran Ini

Mengenal 5 Kampung Unik di Indonesia yang Mendunia, Ada yang Terancam Punah

Kamis, 09 Februari 2023 | 14:54 WIB
header img
Mengenal 5 kampung unik di Indonesia. Foto: Instagram @kampung_tridi

DEPOK, iNewsDepok.id - Sedikitnya terdapat 5 kampung unik di Indonesia yang mendunia. Kampung-kampung unik yang berada di Pulau Jawa ini cukup dikenal masyarakat baik di Indonesia hingga luar negeri.

Umumnya kampung atau desa dibayangkan sebagai tempat yang asri, kehidupan penuh nilai tradisional dan jauh dari hiruk-pikuk modern. Namun, berbeda halnya dengan beberapa kampung unik berikut ini.

Kampung-kampung ini terus berkembang mengikuti perkembangan teknologi, demikian pula pola masyarakatnya yang semakin modern. Bahkan, tak sedikit kampung-kampung terjadi menjadi wadah pengaplikasian ide-ide kreatif masyarakat.

Kampung Unik di Indonesia

Apa saja kampung unik yang ada di Indonesia? Simak ulasan mengenai inilah 5 kampung unik di Indonesia yang mendunia, dirangkum pada Kamis (9/2/2023):

  1. Kampung Cyber, Yogyakarta


Mengenal 5 kampung unik di Indonesia yang mendunia, salah satunya Kampung Cyber di Yogyakarta. Foto: wargajogja.net

Berbeda dengan kampung-kampung lainnya, Kampung Cyber di Yogyakarta memiliki warga kampung yang melek teknologi. Bahkan, seluruh warga memiliki akses berselancar di dunia maya.

Kampung Cyber ini pernah dikunjungi pendiri Facebook Mark Zuckerberg. Kampung ini digagas oleh Antonius Sasongko pada 2008 dan hingga kini terus berkembang.

Awal mulanya, para warga berkeinginan membangun jaringan komunikasi antarwarga di Kampung Patehan, Kraton, Yogyakarta dengan memanfaatkan internet. Kini di setiap rumah warga telah terhubung koneksi internet dengan dana iuran bersama.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut