get app
inews
Aa Read Next : Mengenal Kampung Unik Pecinan Jakarta, Yuk Jelajahi Saat Libur Lebaran Ini

Mengenal 5 Kampung Unik di Indonesia yang Mendunia, Ada yang Terancam Punah

Kamis, 09 Februari 2023 | 14:54 WIB
header img
Mengenal 5 kampung unik di Indonesia. Foto: Instagram @kampung_tridi

DEPOK, iNewsDepok.id - Sedikitnya terdapat 5 kampung unik di Indonesia yang mendunia. Kampung-kampung unik yang berada di Pulau Jawa ini cukup dikenal masyarakat baik di Indonesia hingga luar negeri.

Umumnya kampung atau desa dibayangkan sebagai tempat yang asri, kehidupan penuh nilai tradisional dan jauh dari hiruk-pikuk modern. Namun, berbeda halnya dengan beberapa kampung unik berikut ini.

Kampung-kampung ini terus berkembang mengikuti perkembangan teknologi, demikian pula pola masyarakatnya yang semakin modern. Bahkan, tak sedikit kampung-kampung terjadi menjadi wadah pengaplikasian ide-ide kreatif masyarakat.

Kampung Unik di Indonesia

Apa saja kampung unik yang ada di Indonesia? Simak ulasan mengenai inilah 5 kampung unik di Indonesia yang mendunia, dirangkum pada Kamis (9/2/2023):

  1. Kampung Cyber, Yogyakarta


Mengenal 5 kampung unik di Indonesia yang mendunia, salah satunya Kampung Cyber di Yogyakarta. Foto: wargajogja.net

Berbeda dengan kampung-kampung lainnya, Kampung Cyber di Yogyakarta memiliki warga kampung yang melek teknologi. Bahkan, seluruh warga memiliki akses berselancar di dunia maya.

Kampung Cyber ini pernah dikunjungi pendiri Facebook Mark Zuckerberg. Kampung ini digagas oleh Antonius Sasongko pada 2008 dan hingga kini terus berkembang.

Awal mulanya, para warga berkeinginan membangun jaringan komunikasi antarwarga di Kampung Patehan, Kraton, Yogyakarta dengan memanfaatkan internet. Kini di setiap rumah warga telah terhubung koneksi internet dengan dana iuran bersama.

  1. Kampung Teletubbies, Yogyakarta


Mengenal 5 kampung unik di Indonesia yang mendunia, salah satunya Kampung Teletubbies di Yogyakarta. Foto: visitingjogja.jogjaprov.go.id

Kampung Teletubbies di Yogyakarta juga termasuk unik karena rumah-rumah warganya seperti bangunan rumah di film kartun anak-anak tersebut, yaitu berbentuk dome.

Kampung Teletubbies ini berada di Dusun Nglepen, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Kampung ini pernah hancur akibat gempa yang melanda Yogyakarta pada 27 Mei 2006.

Melihat warga desa menjadi tunawisma, LSM Wango (World Association of Non-Governmental Organizations) melakukan uji pembuatan rumah dome untuk relokasi warga Ngelepen. Kini, terdapat 71 unit dan sembilan bangunan lainnya untuk keperluan umum seperti MCK, mushola, dan klinik di area seluas dua hektar.

  1. Kampung 3D, Malang

Mengenal 5 kampung unik di Indonesia, salah satunya Kampung Tridi Malang. Foto: Instagram @kampung_tridi

Kampung 3D terletak di Jalan Temenggungan Ledok RW 12, Kelurahan Kesatrian, Kota Malang, Jawa Timur, menjadi perhatian masyarakat Indonesia hingga dunia. Bahkan, kampung tridi menjadi satu destinasi yang tak boleh terlewatkan.

Kampung tridi dihiasi berbagai mural yang keren menggunakan cat berwarna-warni. Bukan sekadar mural biasa, lukisan yang letaknya di dinding rumah maupun jalan ini membuat terlihat sangat nyata saat difoto.

  1. Kampung Inggris, Pare Kediri

Mengenal 5 kampung unik di Indonesia, salah satunya Kampung Inggris Pare Kediri. Foto: sindonews

Kampung Inggris di Pare Kediri sudah tidak asing bagi mereka yang hendak belajar bahasa Inggris. Kampung ini hasil kerja keras Kalend Osen dan sang guru Kiai Yazid yang mahir bahasa asing.

Kampung Inggris terletak di Desa Palem dan Tulungrejo, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Kampung ini kerap menjadi rujukan para pelajar dan mahasiswa di masa libur sekolah untuk kursus bahasa asing terutama bahasa Inggris.

  1. Kampung Wadon, Ngawi

Kampung Wadon Ngawi ini cukup unik karna mayoritas warganya adalah perempuan. Dalam bahasa Jawa, wadon artinya perempuan.

Kampung ini terletak di Jati, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Sayangnya, saat ini Kampung Wadon ini terancam punah.

Alasannya, jumlah warganya semakin sedikit dan banyak yang memilih untuk pindah ke tempat lain. Terlebih, warga yang tinggal rata-rata berusia lanjut.

Kepercayaan yang mengakar di kampung ini adalah laki-laki yang sudah menikah dengan warga Kampung Wadon akan sengsara jika tak segera pergi dari sana. Karena itu, para laki-laki pun pindah tinggal di tempat lain.

Demikianlah 5 kampung unik di Indonesia yang mendunia. Tertarik untuk berkunjung?

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut