get app
inews
Aa Read Next : PVMBG Tidak Membenarkan Ada Hujan Abu di Gunung Slamet

Gunung Kerinci Erupsi, Penerbangan Diminta Menjauhi Kawasan Gunung

Jum'at, 03 Februari 2023 | 18:28 WIB
header img
Gunung Kerinci kembali erupsi. Foto: Istimewa

JAMBI, iNewsDepok.id - Gunung Kerinci di provinsi Jambi kembali erupsi pada Jumat (3/2/2023). Erupsi juga dibarengi dengan gempa tremor dengan amplitudo 0,5 sampai delapan milimeter.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Kerinci, Irwan di Jambi, pada Jumat, mengatakan erupsi Gunung Kerinci terjadi pada pukul 02.30 WIB, namun untuk tinggi kolam abu masih belum teramati.

"Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 8 mm dan durasi lebih kurang empat menit," kata dia.

Irwan menjelaskan saat ini Gunung Kerinci berada pada level dua. Pihaknya mengimbau kepada masyarakat dan wisatawan untuk tidak mendekati dan mendaki kawah yang ada di puncak Gunung Api Kerinci dengan radius tiga kilometer dari kawah aktif.

Dia juga mengimbau untuk jalur penerbangan di sekitar Gunung Kerinci dihindari, mengingat kondisi gunung yang sewaktu-waktu masih memiliki potensi letusan dengan ketinggian yang dapat menggangu jalur penerbangan.

Sebelumnya Gunung Kerinci terpantau mengalami erupsi pada tanggal 14 Januari 2023 dengan ketinggian kolom abu teramati mencapai 750 meter di atas puncak.

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat daya dan barat. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 3 mm dan durasi selama 11 menit 40 detik.

 

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut