get app
inews
Aa Read Next : Mohammad Salah Beri Tanggapan Perang Israel-Gaza, Pembantaian Harus Dihentikan

Rayakan 80 Tahun Kemenangan Soviet atas Nazi, Putin Letakkan Bunga di Makam Prajurit

Jum'at, 03 Februari 2023 | 09:18 WIB
header img
Pada peringatan 80 tahun kemenangan dalam Pertempuran Stalingrad, Vladimir Putin meletakkan karangan bunga di Aula Kemuliaan Militer di Mamayev Kurgan. Foto: Kremlin

JAKARTA, iNewsDepok.id - Presiden Rusia Vladimir Putin meletakkan karangan bunga di Aula Kemuliaan Militer untuk mengenang para prajurit yang gugur ketika menghadapi pasukan Nazi dalam Pertempuran Stalingrad, Kamis (2/2/2023) waktu Volgograd.

Kegiatan ini dilakukan pada hari Peringatan 80 tahun kemenangan dalam Pertempuran Stalingrad.

Putin juga terlihat meletakkan bunga di makam Marsekal Uni Soviet, dua kali Pahlawan Uni Soviet Vasily Chuikov, komandan Angkatan Darat ke-62 (Tentara Pengawal ke-8 per April 1943), yang telah berjuang untuk Stalingrad selama enam bulan dalam pertempuran sengit.

Melansir dari Kremlin, acara peringatan tersebut juga dihadiri oleh Utusan Berkuasa Penuh Presiden untuk Distrik Federal Selatan, Vladimir Ustinov, dan Gubernur Wilayah Volgograd Andrei Bocharov.

Pertempuran Stalingrad (17 Juli 1942-2 Februari 1943) tercatat dalam sejarah sebagai salah satu pertempuran darat terpanjang selama Perang Dunia 2. Pertempuran ini melibatkan jumlah pasukan tertinggi, menandai titik balik utama dalam perang dan menjadi simbol kemenangan moral Rusia atas fasisme.

Pada tanggal 2 Februari, acara peringatan yang menandai peringatan 80 tahun pasukan Soviet mengalahkan Nazi dalam Pertempuran Stalingrad diadakan di seluruh Rusia. Setiap tahun, Wilayah Volgograd menjadi pusat perayaan nasional. Pada tahun 2011, Museum dan Cagar Sejarah dan Peringatan Negara Pertempuran Stalingrad diakui sebagai situs warisan budaya yang sangat berharga dari rakyat Federasi Rusia.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut