get app
inews
Aa Read Next : Tak Disangka! Pemulung Lesu Ternyata Maling Cerdas, Gasak Laci dan Tablet Outlet Boba Depok

Lawan Barat, Bank-Bank Iran Campakkan SWIFT dan Beralih Gunakan SPFS dari Rusia

Jum'at, 03 Februari 2023 | 08:11 WIB
header img
Iran menyebut semua bank Rusia terhubung ke sistem pesan keuangan Iran. Foto: Reuters

TEHERAN, iNewsDepok.id - Seorang pejabat perbankan asal Iran mengatakan, kalau semua bank Rusia dan 106 bank di negara lain terhubung dengan sistem perpesanan keuangan Iran yang di kenal dengan SEPAM, lapor Kantor Berita semi-resmi Tasnim, pada Kamis (2/2/2023).

Dijelaskan, dengan SEPAM, bank-bank Iran tidak lagi memerlukan jaringan Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication (SWIFT), kata Mohsen Karimi, wakil gubernur Bank Sentral Iran (CBI) untuk urusan internasional, kepada Tasnim.

Sebelumnya, pada Minggu (29/1/2023), CBI mengumumkan bahwa SEPAM dan Sistem Pesan Keuangan Bank Rusia yang dikenal sebagai SPFS, setara dengan SWIFT, terhubung setelah penandatanganan kesepakatan antara dua bank sentral di hari yang sama.

Menurut Kutipan Tasnim dari Gubernur CBI Mohammareza Farzin, kebijakan yang diambil merupakan sebuah langkah awal dari rencana aksi bersama untuk kerjasama perbankan antara Iran dan Rusia yang disetujui oleh bank sentral kedua negara tahun lalu.

Iran dan Rusia, kedua negara ini dibawah sanksi yang sama yang dijatuhkan oleh Amerika Serikat, telah memperluas hubungan politik dan ekonomi mereka untuk melawan langkah-langkah AS dan negara-negara Barat.

 

 

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut