get app
inews
Aa
Read Next : Pertacami Resmi Menjadi Anggota KOI: Langkah Bersejarah dalam Dunia Tarung Campuran Indonesia

Mau Sehat Sampai Tua? Jangan Lupakan Olahraga

Selasa, 31 Januari 2023 | 12:59 WIB
header img
5 Olahraga untuk menguatkan jantung dan kesehatan tubuh. foto : pixabay

JAKARTA, INewsDepok.id- Olahraga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh termasuk jaringan dan organ vital tubuh, tidak terkecuali jantung. Jantung sendiri merupakan salah satu organ vital tubuh yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Karena fungsinya yang sangat penting ini, sudah seharusnya kita menjaga kesehatan jantung dengan berolahraga agar tetap sehat dan kuat hingga tua nanti. Selain membuat jantung lebih prima, berikut manfaat lainnya yang bis akita dapatkan jika rajin berolahraga secara teratur:

• Memperbaiki kualitas tidur.

• Mengurangi risiko gagal jantung.

• Mengurangi risiko hipertensi.

• Menaikkan rasa percaya diri.

• Memperbaiki suasana hati.

• Menjaga kesehatan tubuh dan jantung agar tetap stabil.

• Membantu untuk mendapatkan berat badan ideal.

Namun, perlu dingat bahwa olahraga yang menyehatkan bukan hanya menggerakkan tubuh saja, bukan pula sekedar mengeluarkan keringat. Berikut adalah beberapa rekomendasi jenis olahraga apa saja yang menyehatkan untuk jantung:

  1. Senam Jantung

Olahraga ini berfokus pada tiap gerakan untuk menjaga, meningkatkan performa jantung, menormalkan denyut nadi dan memperlancar aliran darah di tubuh.

  1. Yoga

Saat melakukan yoga, ada tiga macam teknik yakni peregangan, pernapasan dan relaksasi. Teknik tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

  1. Lari

Olahraga ini sangat membantu untuk merangsang aliran darah di tubuh sehingga sirkulasi darah jadi lebih lancar. Jika aliran darah lancar, maka kinerja jantung tidak akan terbebani dan ritme jantung akan tetap normal.

  1. Berenang

Jenis olahraga air ini bermanfaat untuk menunjang kebugaran jantung dan pembuluh darah. Berenang juga melatih dan memperkuat otot jantung sehingga kinerja jantung untuk memompa darah bisa lebih optimal.

  1. Bersepeda

Berolahraga sepeda selama 30-60 menit sehari Anda bisa mengurangi risiko terkena serangan jantung akibat stress dan memperkuat kinerja otot jantung. Pada saat mengayuh sepeda, seluruh otot tubuh turut bekerja, termasuk otot jantung.

Melakukan olahraga di atas secara teratur akan melindungi jantung Anda dari berbagai macam masalah dan penyakit.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut