Sejarah Baru, Wasit di Portugal Keluarkan Kartu Putih, Apa Artinya?

Mohammad Firdauz Hariyono
.
Selasa, 24 Januari 2023 | 14:59 WIB
Wasit Catarina Campos saat mengeluarkan kartu putih. Foto : The Mirror

JAKARTA, iNewsDepok.id - Sejarah tercipta ketika wasit Catarina Campos mengeluarkan kartu putih untuk Sporting Lisbon vs Benfica pada laga perempat final Piala Wanita Portugal yang digelar Sabtu (21/1/2023). 

Wasit yang memimpin pertandingan itu mengeluarkan kartu putih di menit ke-45. Kartu tersebut tidak ditujukan kepada pemain di lapangan, melainkan untuk staf medis. Fans di Estadio da Luz di Lisbon pun langsung bersorak bahagia setelah kartu itu keluar

Dikutip dari Sky Sports, ini adalah kali pertama dalam sejarah sepak bola profesional, putra dan putri, ada wasit yang mengeluarkan kartu putih dalam sebuah pertandingan.

Kartu putih merupakan inisiatif Lembaga Etika Olahraga Nasional Portugal untuk mendorong aksi fair play dalam sebuah pertandingan olahraga. Inisiatif itu kemudian diadopsi Federasi Sepak Bola Portugal (FPF) untuk pertandingan sepak bola.

Sejauh ini hanya Portugal yang memiliki aturan terkait kartu putih tersebut. Mereka tampak tak mau hanya menggunakan kartu merah dan kuning saja.

Namun apa sebenarnya arti dari kartu putih ini? Mengapa baru sekarang dipergunakan dalam laga sepak bola?

Follow Berita iNews Depok di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini