get app
inews
Aa Read Next : 7 Cara Membuat Perawatan Kecantikan Berbahan Semangka, dari Ujung Rambut hingga Kaki

4 Tips Merawat Rambut Berminyak, Salah Satunya Jangan Sering Menyentuh Rambut

Minggu, 22 Januari 2023 | 06:05 WIB
header img
Tips merawat rambut berminyak. Foto: istock

DEPOK, iNewsDepok.id – Rambut yang tipis dan halus cenderung tampak berminyak. Minyak ini berasal dari kulit kepala yang menghasilkan minyak alami. Minyak alami yang dihasilkan kulit diperlukan untuk kesehatan kulit dan rambut secara keseluruhan, tetapi jika terlalu berminyak juga memberikan tampilan rambut yang berminyak.

Jika kulit kepala dan rambut terus-menerus menghasilkan minyak secara berlebihan, kamu harus melakukan beberapa penyesuaian pada rutinitas perawatan rambut agar rambut tetap sehat dan tidak berminyak. Kami sudah rangkumkan beberapa tips yang dilansir kiehls.com. Namun, kamu harus mengetahui lebih dulu apa yang menyebabkan rambut berminyak.

Apa saja penyebab rambut berminyak?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, minyak berlebih adalah salah satu penyebab utama rambut tampak berminyak. Penumpukan produk, berkeringat atau menggunakan terlalu banyak produk pada rambut juga dapat menyebabkan rambut tampak berminyak dan lepek.

Seseorang yang memiliki jenis rambut lurus, tipis, dan halus biasanya cenderung lebih rentan berminyak dari pada mereka yang memiliki rambut tebal dan lebih keriting.

Tips Merawat Rambut Berminyak

Perhatikan frekuensi keramas dan pemilihan sampo

Pemilik rambut kering dan rapuh tidak disarankan untuk keramas setiap hari karena dapat menyebabkan kerusakan rambut akibat kehilangan minyak alami. Namun, bagi mereka pemilik rambut tipis, halus, dan lurus, penting untuk keramas secara teraturs.

Pemilihan sampo juga sangat berpengaruh, formulasi yang tepat akan menjaga rambut tetap lembab tanpa mengangkat minyak alami di kulit kepala terlalu banyak. Hindari sampo yang mengandung minyak atau silikon, sebaliknya gunakan sampo yang lembut dan ringan.

Hindari kulit kepala saat menggunakan kondisioner

Menggunakan kondisioner membantu mengurai rambut dan melumasi helaian rambut untuk mengurangi tekstur rambut keriting dan kasar. Jika rambut rentan terhadap minyak berlebihan, jangan gunakan kondisioner hingga ke kulit kepala. Cukup pada helaian rambut saja.

Cari kondisioner dengan kandungan ringan yang formulanya terbebas dari silikon ataupun jenis minyak yang berat. Formula yang ringan juga meningkatkan kilau tanpa memberatkan helaian rambut.

Hindari produk styling berat

Menghindari rambut dari produk styling yang dapat memberatkan rambut juga cukup penting, karena produk yang biasanya digunakan tanpa bilas akan memberatkan helaian rambut.

Hindari menyentuh rambut

Menghindari menyentuh rambut terutama pada bagian akar, karena minyak dan keringat yang ada pada rambut dapat memberikan tampilan yang berminyak dan lepek.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut