Logo Network
Network

Ukraina Terancam Kolaps, Jerman Tak Mau Kirim Tank

Benedict J. C. Pietersz
.
Senin, 16 Januari 2023 | 12:44 WIB
Ukraina Terancam Kolaps, Jerman Tak Mau Kirim Tank
Rheinmetall adalah salah satu pemasok sistem kendaraan lapis baja terlacak terkemuka di Eropa dalam semua kelas berat. Leopard 2 dari Krauss-Maffei Wegmann (KMW) disebut sebagai tank tempur utama terbaik di dunia. Foto: Rheinmetall

JAKARTA, iNewsDepok.id - Perusahaan otomotif dan industri pertahanan Jerman, Rheinmetall, menyatakan tank tempur dari cadangan industri Jerman tidak akan siap dikirim hingga tahun 2024. 

Pernyataan ini semakin membatasi keinginan sekutu NATO untuk mendukung Ukraina dengan kendaraan lapis baja. 

“Bahkan jika keputusan untuk mengirim tank Leopard kami ke Kiev datang besok, pengiriman akan memakan waktu hingga awal tahun depan,” kata kepala eksekutif Rheinmetall, Armin Papperger, dikutip dari The Guardian. 

Rheinmetall memiliki 22 tank Leopard 2 dan 88 tank Leopard 1 yang lebih tua. Jerman sendiri memiliki sekitar 350 unit tank Leopard 2. 

Menyiapkan tank Leopard untuk Ukraina akan memakan waktu beberapa bulan dan menelan biaya ratusan juta euro. Hal itu tidak dapat disiapkan oleh Rheinmetall hingga pesanan dikonfirmasi. 

“Kendaraan harus benar-benar dibongkar dan dibangun kembali,” tambah Papperger. 

Pernyataan dari Rheinmetall tidak sepenuhnya membatalkan harapan Kiev akan janji Inggris untuk mengirimkan tank Challenger 2. Langkah ini disebut akan mendorong negara-negara Eropa lainnya untuk segera mengikuti.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.