get app
inews
Aa Read Next : Berniat Mampir Salat di SPBU, Netizen Dikejutkan dengan Tampilan Musholanya

Banyak SPBU Dijual Pemiliknya, Tak Lagi Menguntungkan?

Jum'at, 06 Januari 2023 | 14:02 WIB
header img
Beberapa SPBU yang dijual di marketplace. Foto : Tangkapan layar OLX

JAKARTA, iNewsDepok.id – Saat ini di marketplace banyak dijumpai Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang dijual pemiliknya.

Agak mengherankan dengan fenomena banyaknya SPBU yang dijual. Karena bisnis SPBU dianggap yang paling pasti menghasilkan keuntungan karena pasar dan marginnya jelas.

Lokasi SPBU yang ditawarkan untuk dijual juga terbilang sangat strategis, baik di dalam atapun diluar Jakarta.

Dari pantauan iNewsDepok di OLX pada Jumat (06/01/2023), ada beberapa SPBU yang ditawarkan dengan harga yang beragam. Contohnya SPBU di Tangerang ditawarkan dengan harga Rp40 miliar.

Ada juga SPBU di Margahayu Bekasi Timur yang ditawarkan Rp33 miliar. Selain itu juga SPBU di Jalan Cut Meutia Bekasi yang dijual dengan harga Rp39 miliar.

Sementara di daerah juga banyak ditemui SPBU yang dijual, seperti SPBU di Masaran Sragen Jawa Tengah yang dijual dengan harga Rp28 miliar. Dan SPBU di Sembungharjo, Genuk, Kota Semarang yang ditawarkan dengan harga Rp24 miliar.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Rachmad Muhamadiyah menjelaskan fenomena maraknya SPBU yang dijual, menurutnya lebih karena faktor bisnis.

Saat masa pandemi lalu memang semua bisnis terkena imbasnya, termasuk SPBU dan para pemilknya kena dampak.

Rachmad menambahkan, bisa juga ada faktor pemilik SPBU yang punya bisnis lain. Namun bisnis lainnya belum bisa bangkit dari efek pandemi sehingga butuh cashflow atau dana segar dengan menjual SPBU.

Hal tersebut biasanya untuk kepentingan kewajiban ke perbankan atau yang lainnya.

Rachmad juga menjelaskan berdasarkan informasi yang dia terima dari pihak Pertamina, saat ini masih banyak pengajuan dari masyarakat yang ingin membuka SPBU Pertamina. Artinya sampai saat ini bisnis SPBU Pertamina masih banyak peminatnya.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut