get app
inews
Aa Read Next : Memanas! AS dan Inggris Lancarkan Serangan Terhadap Houthi di Yaman

Kapal Perang AS Lewati Selat Taiwan, Bikin China Geram

Jum'at, 06 Januari 2023 | 13:15 WIB
header img
Ketegangan antara Washington dan Beijing telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir akibat aktivitas di Taiwan dan area sekitarnya. Foto: Navsource

JAKARTA, iNewsDepok.id - Sebuah kapal perang Amerika Serikat, USS Chung-Hoon, berlayar melalui Selat Taiwan pada Kamis (5/1/2023) waktu setempat. Militer AS menyebut ini sebagai aktivitas rutin tetapi telah membuat China gusar. 

Dalam sebuah pernyataan, militer AS mengatakan kapal perusak berpeluru kendali kelas Arleigh Burke Chung-Hoon melakukan transit. Aktivitas ini menunjukkan komitmen Amerika Serikat terhadap Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. 

Melansir dari Reuters, dalam beberapa tahun terakhir kapal perang AS, dan kadang-kadang dari negara-negara sekutu seperti Inggris dan Kanada, telah berlayar melalui selat Taiwan. Selain memicu kemarahan China, hal ini membuat China mengklaim bahwa Taiwan melawan keberatan pemerintahnya yang terpilih secara demokratis. 

Liu Pengyu, juru bicara kedutaan China di Washington, mengatakan China dengan tegas menentang langkah tersebut dan mendesak Amerika Serikat untuk segera berhenti memprovokasi masalah. Ia beranggapan aktivitas kapal perang AS meningkatkan ketegangan dan merusak perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut