get app
inews
Aa Read Next : Tim Pengmas Vokasi UI Dorong Masyarakat Serang Kelola Sampah Plastik Bernilai Ekonomi

Tren Kepercayaan Internet Lemah, Ini Kata Pengamat Sosial

Senin, 02 Januari 2023 | 12:10 WIB
header img
Kepercayaan terhadap internet melemah. Foto: Ilustrasi iNewsDepok

DEPOk,iNewsDepok.id- Penetrasi internet dalam kehidupan manusia terus mengalami peningkatan, hingga banyak aktivitas manusia tak bisa dilepaskan dari internet. Namun demikian, tingkat kepercayaan di internet justru menunjukkan tren terus menurun dari tahun ke tahun.

Menanggapi hal itu, pengamat sosial dari Vokasi UI, Rahmi Setiawati mengatakan, menurunnya kepercayaan publik terhadap internet dikarenakan keamanan data yang tidak aman. Sehingga sangat diperlukan pemahaman tentang literasi digital.

“Jika tidak bisa memilih informasi akan mudah terpengaruh pada informasi yang bersifat hoax. Hal ini berujung pada timbulnya konflik bahkan bisa menjadi pertengkaran,” katanya, Senin (2/1/2023).

Selain itu juga bisa menimbulkan tindakan kriminal seperti penipuan dan lainnya. Karena internet keterbukaan informasi bisa sangat cepat dan terbuka. Bahkan yang informasi ranah pribadi dapat menjadi ranah publik.

“Dengan pengetahuan tentang literasi digital dapat memanfaatkan internet dengan tepat dan produktif untuk yang memberikan manfaat namun dengan keamanan data terjaga,” ujarnya.

Menurutnya, ketidakpercayaan terhadap internet yang meningkat menjadi kesempatan bagi media massa menjadi solusi terbaik. Karena media massa tetap dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan informasi dan keamanan data informasi juga terjaga aman.

“Namun di sisi lain bisa juga tidak terjadi karena media massa memiliki agenda setting yang dapat menimbulkan ketidakpercayaan,” tambahnya.

Yang terpenting, sambung dia bagaimana pengetahuan dan budaya literasi digital dalam mengelola dan memanfaatkan informasi dengan tepat dan bernilai yang dapat dimanfaatkan sebagai modal sosial melalui digital yang mampu memberikan dampak ekonomi dan perkuat bangsa. “Tentunya, dengan keamanan data yang kuat,” pungkasnya.

Editor : Rinna Ratna Purnama

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut