get app
inews
Aa Read Next : Covid-19 Merebak, Wali Kota Depok akan Ambil Langkah Cepat untuk Kendalikan Kasus

PPKM Dicabut, Lima Hal Ini Perlu Diperhatikan

Minggu, 01 Januari 2023 | 19:35 WIB
header img
Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI, Tjandra Yoga Aditama. Foto: Ist

DEPOK,iNewsDepok.id- Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI, Tjandra Yoga Aditama mengatakan, ada lima hal yang harus dilanjutkan oleh pemerintah agar Covid-19 benar-benar dapat sepenuhnya terkendali. Seperti diketahui, PPKM sudah dinyatakan selesai pada 30 Desember 2022. Kelima hal tersebut merupakan fundamental penting pengendalian penyakit menular apapun juga.

Pertama, surveilan tentu harus dilanjutkan dengan cermat. Surveilan tidak hanya berdasar gambaran klinik tetapi juga harus perlu berdasar laboratorium. “Bahkan pada keadaan tertentu sampai ke pemeriksaan whole genome sequencing (WGS),” katanya, Minggu (1/1/2023).

 Kedua, penyediaan test perlu diperluas, apalagi karena memang sudah tidak diwajibkan pula. Perlu dipastikan bahwa yang memerlukan test akan dapat mudah mengaksesnya. Ada rencana untuk menyediakan alat test antigen di apotik, sementara diketahui bahwa di banyak negara alat test antigen dapat daja dibeli di berbagai toko dan supermarket.

“Perusahaan-perushaan besar seperti BUMN juga dapat menyediakan alat test dan membagikannya ke karyawannya,” ujar Mantan Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara itu.

Ketiga, kegiatan penelusuruan kasus (tracing) yang harus dilanjutkan. Karena konsep pengendalian penyakit menular pada umumnya maka kemungkinan penyebaran penyakit perlu di cegah.

“Sehingga kontak dari yang positif Covid-19 harus di identifikasi supaya penularan tidak meluas di masyarakat,” tambahnya.

Keempat, vaksinasi jelas harus terus digalakkan. Sebagaimana juga penyakit menular lain yang dapat dicegah dengan imunisasi, maka vaksinasi Covid-19 tetap dan selalu perlu dijaga dan ditingkatkan cakupannya. Kelima, tetap perlu dilakukan penyuluhan kesehatan agar masyarakat dapat mengatasi dampak dari Covid-19.

“Penyuluhan kesehatan masyarakat merupakan salah satu hal penting yang perlu terus menerus dilakukan, baik tentang Covid-19, tentang berbagai penyakit menular dan tidak menular lainnya serta juga selalu mengajak masyarakat luas melakukan perilaku hidup bersih dan sehat,” tutupnya.

 

Editor : Rinna Ratna Purnama

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut