get app
inews
Aa Read Next : Waduh! Wasit Ini Akan Pimpin Timnas Indonesia U-23 Lawan Korea Selatan

Presiden Korsel Marahi Menhan karena Gagal Tembak Lima Drone Korut

Rabu, 28 Desember 2022 | 13:56 WIB
header img
Kepala direktur operasi di Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan dalam pernyataan yang disiarkan televisi bahwa militer merasa menyesal karena gagal menembak jatuh drone Korea Utara dan menyebabkan kekhawatiran publik yang besar. Foto: PBS

JAKARTA, iNewsDepok.id - Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol memarahi Menteri Pertahanan Lee Jong-sup atas kegagalan operasi militer terhadap lima drone Korea Utara yang memasuki wilayah udara Korea Selatan pada Rabu (28/12/2022). 

Mengutip dari The Korea Herald, Yoon bertemu dengan Lee pada Selasa pagi dan diberi pengarahan tentang tanggapan militer terhadap pelanggaran wilayah udara Korea Selatan oleh Korea Utara pada hari sebelumnya. 

Drone terbang melintasi Garis Demarkasi Militer yang memisahkan kedua Korea, dengan satu terbang di atas bagian utara Seoul, tetapi militer Korea Selatan gagal menembak jatuh mereka. 

"Bagaimana mungkin tidak ada yang bersiap menghadapi serangan pesawat tak berawak Korea Utara? Ada banyak insiden serupa di masa lalu, jadi apa yang Anda lakukan sampai sekarang?" kata Yoon selama pertemuan, menurut seorang pejabat yang menyampaikan pertukaran itu. 

"Apakah Anda mengatakan tidak ada pelatihan yang tepat dan Anda tidak melakukan apa-apa?" tambahnya. 

Pengarahan berlangsung di tengah pertemuan lebih besar yang diadakan untuk membahas kondisi keamanan dengan pejabat keamanan nasional lainnya, termasuk Penasihat Keamanan Nasional Kim Sung-han. Kim dan Lee bersama-sama memberi pengarahan kepada presiden tentang diskusi tersebut. 

Yoon kemudian memimpin rapat Kabinet sesuai jadwal tetapi merevisi pidato pembukaannya untuk menyerukan memajukan pembentukan unit drone. Ia juga berjanji untuk memperkuat kemampuan pengawasan dan pengintaian negara dengan memperkenalkan drone siluman canggih.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut