get app
inews
Aa Read Next : Rumah Tajwid Asal Depok Gelar Pengajian di Jerman Diikuti 150 WNI

Prediksi Serangan Rusia di Awal Tahun: Kuasai Donbass atau Seluruh Ukraina

Senin, 26 Desember 2022 | 06:26 WIB
header img
Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengancam akan menurunkan RS-28 Sarmat, Zircon, dan Avangard dalam babak perang baru di Ukraina. Ketiga senjata tersebut mampu membawa hulu ledak nuklir. Foto: Financial Times

JAKARTA, iNewsDepok.id - Rusia diprediksi akan melakukan serangan baru di Ukraina awal tahun depan. Media Swiss, Neue Zuercher Zeitung, mengklaim bahwa tujuan Moskow dapat berkisar dari merebut seluruh wilayah Donbass hingga menguasai Ukraina secara keseluruhan. Kepemimpinan Rusia disebut bertekad melanjutkan kampanye militernya terhadap Ukraina pada tahun 2023 dan 2024. 

Melansir dari Russia Today, outlet media Swiss menyebut bahwa dugaan ini merupakan analisa intelijen kementerian pertahanan Jerman dalam laporan internal mereka yang berjudul “Opsi strategis-militer Rusia untuk tindakan dalam perang Ukraina untuk tahun 2023.” 

Laporan itu mempertimbangkan dua skenario. Yang pertama memprediksi bahwa Rusia berfokus menaklukkan seluruh wilayah Donbass. Rencananya, serangan ini diperkirakan akan dimulai pada April 2023, dengan Presiden Belarusia Alexander Lukashenko secara bersamaan mengerahkan pasukannya sendiri di dekat perbatasan utara Ukraina. 

Sementara pasukan Minsk tidak mungkin benar-benar bergerak ke Ukraina, manuver ini memastikan bahwa Kiev tidak akan dapat menggunakan semua militernya untuk melawan serangan Rusia di Donbass. Jika rencana Rusia berhasil, Kremlin akan membangun pertahanan yang dibentengi di wilayah tersebut. Setiap upaya Ukraina untuk merebut kembali Donbass akan menyebabkan kerugian besar bagi Kiev. 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut