get app
inews
Aa Read Next : Abadikan Momen Perayaan Akhir Tahun di Hotel Mewah di Jakarta

Uniknya 10 Tradisi Perayaan Natal di Indonesia

Sabtu, 24 Desember 2022 | 06:44 WIB
header img
Lovely Desember, tradisimenyambut Natal di Toraja. Foto: Okezone

DEPOK, iNewsDepok.id - Menyambut Natal pada 25 Desember, umat Kristiani di berbagai daerah di Indonesia menjalankan beberapa tradisi uniknya. Terdapat 10 tradisi unik perayaan Natal di Indonesia dari berbagai daerah di Tanah Air.

Perayaan Natal di berbagai daerah tersebut memadukan keragaman budaya di daerah tersebut. Tradisi unik ini menjadikan momen perayaan Natal menjadi menarik.

Berikut 10 tradisi unik perayaan Natal di beberapa daerah di Indonesia, seperti dirangkum pada Sabtu (25/12/2022):

  1. Barapen, Papua

Barapen adalah tradisi bakar batu yang berada di Papua. Uniknya batu-batu ini akan dibakar dengan cara menggesekkan kayu hingga menghasilkan panas.

Saat menunggu api menyala ada beberapa tugas yaitu para wanita diminta menyiapkan daun-daunan seperti singkong, bayam, pepaya untuk pakis. Sedangkan laki-laki diberi tugas membuat tabung untuk meletakkan batu panas yang telah menyala.

Batu yang telah membara dijadikan sebagai tempat memasak sayuran dan daging babi. Tradisi ini dilakukan sebagai cara untuk memperingati hari lahirnya Isa Almasih.

  1. Bunyi Lonceng dan Sirine, Ambon

Tradisi Natal yang tak kalah seru lainnya yaitu dengan membunyikan lonceng di gereja serta sirine secara bersamaan pada malam Natal.

Tak hanya itu masyarakat Ambon juga memeriahkan dengan beragam dekorasi khas Natal seperti pohon Natal yang dihias di rumah hingga pertokoan. Tradisi sinterklas mengunjungi rumah-rumah juga dilakukan di Ambon.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut