Logo Network
Network

2 Negara Musuh Barat Makin Mesra, Iran Ekspor Mobil ke Rusia Senilai US$ 300 Juta

Benedict J. C. Pietersz
.
Senin, 19 Desember 2022 | 15:41 WIB
2 Negara Musuh Barat Makin Mesra, Iran Ekspor Mobil ke Rusia Senilai US$ 300 Juta
Sejak tahun 2003, Iran Khodro (IKCO) telah mengekspor mobil penumpang ke lebih dari 40 negara terutama yang berlokasi di kawasan CIS, Timur Tengah, Afrika Utara, dan Eropa Timur. Foto: AutaSP

JAKARTA, iNewsDepok.id - Duta Besar Iran untuk Rusia Kazem Jalali mengklaim bahwa Teheran akan memproduksi mobil bersama Moskow.

Mengutip dari Russia Today, Jalali mencatat bahwa dua pembuat mobil besar Iran, Iran Khodro dan SAIPA, berpartisipasi dalam pameran suku cadang mobil di Moskow musim panas lalu dan telah mengadakan pembicaraan dengan mitra Rusia.

Pada akhir November, kepala asosiasi pabrikan suku cadang mobil Iran, Mohammadreza Najafi-Manesh, mengumumkan bahwa Moskow dan Teheran telah menandatangani nota kesepahaman untuk ekspor mobil Iran ke Rusia senilai $300 juta.

Ia mengatakan Iran Khodro, produsen mobil terbesar di Timur Tengah, mengincar pasar Rusia menyusul eksodus merek Eropa, Amerika, dan Jepang.

Menurut data dari Badan Autostat Rusia, ada 10.400 mobil Iran Khodro di Rusia per Juli 2022, yang diwakili oleh model Samand (sedan Kelas C), sebuah mobil berbasis Peugeot 405.

Meskipun berada di bawah sanksi Barat selama beberapa dekade, Iran berhasil mengembangkan industri otomotifnya sendiri yang memenuhi permintaan domestik. Negara itu juga terpaksa menghentikan ketergantungan pada impor mobil asing setelah suku cadang dan pasokan dihentikan ketika AS memberlakukan kembali sanksi terhadap pada 2018.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.