get app
inews
Aa Read Next : Paus Akan Jumpai Keluarga Sandera Hamas dan Warga Palestina

Kesehatan Semakin Menurun, Paus Fransiskus Ternyata Sudah Tanda Tangani Surat Pengunduran Diri

Minggu, 18 Desember 2022 | 13:46 WIB
header img
Karena Masalah Kesehatan, Paus Fransiskus Sudah Tanda Tangani Surat Pengunduran Diri. (Foto: Reuters).

ROMA, iNewsDepok.id - Mengetahui kesehatannya sudah semakin menurun, Paus Fransiskus ternyata sudah menandatangani surat pengunduran dirinya sejak dirinya terpilih menjadi Pemimpin Umat Katolik, pada tahun 2013 lalu.

Hal ini terungkap dalam wawancara terbarunya, pada Minggu (18/12/2022). Menurut Paus, surat pengunduran diri itu akan dia gunakan jika suatu saat nanti dia mengalami masalah kesehatan yang serius dan permanen. Sehingga membuatnya tidak dapat menjalankan tugas gereja.

Sebelumnya Paus Fransiskus baru saja berulang tahun ke-86 tahun, pada Sabtu (17/12/2022). Meskipun kondisinya tampak sehat, Paus mengatakan jika lututnya sakit.

Dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Spanyol, ABC, Fransiskus mengatakan dia telah memberikan surat itu kepada Sekretaris Negara Vatikan, Kardinal Tarcisio Bertone. 

Bertone adalah seorang pejabat tinggi Katolik Roma warisan era kepausan pendahulu, yakni Benediktus XVI. Bertone tetap menjabat sebagai sekertaris negara Vatikan selama sekitar enam bulan, setelah Paus Fransiskus terpilih pada 13 Maret 2013.

Paus Fransiskus sebelumnya memang sering mengatakan dirinya akan mengundurkan diri saat dia mengalami masalah kesehatan yang membuat dirinya kesulitan menyelesaikan tugas-tugas gereja.

 

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut