Logo Network
Network

Alami Banyak Celaka, Ini Alasan Pebalap MotoGP Bermain Motocross

muhamad wildan fimansyah
.
Kamis, 15 Desember 2022 | 14:45 WIB
Alami Banyak Celaka, Ini Alasan Pebalap MotoGP Bermain Motocross
Fabio Quartararo saat mengendarai motorcross. Foto: Instagram fabioquartararo20

JAKARTA, iNewsDepok.id - Belum lama ini, Fabio Quartararo dikabarkan mengalami cedera saat latihan dengan motor motocross. Meski sudah tahu berbahaya, tapi para pebalap MotoGP tetap melakukannya.

Tangan kiri Quartararo dikabarkan mengalami patah tulang akibat latihan motocross. Begitu pula dengan tangan kiri Andrea Dovizioso yang musim ini resmi pensiun.

Semua pebalap tahu latihan menggunakan motor trail di lintasan motocross sangat berbahaya dan berisiko menyebabkan cedera yang parah. Sebab, tata letak treknya yang memiliki lompatan yang cukup tinggi.

Jika sampai cedera yang benar-benar serius, tentu akan sangat berbahaya bagi keselamatan dan juga karir seorang pebalap MotoGP.

Pada 2021 lalu, Marc Marquez juga pernah mengalami cedera saat latihan dengan motocross. Dia mengalami gegar otak ringan dan sempat tak sadarkan diri setelah terjatuh dari motor.

"Metode latihan motocross telah terbukti menyumbangkan banyak sekali dampak positif untuk kami," ujar Marquez, dikutip dari Speedweek.com.

Valentino Rossi juga pernah merasakan cedera akibat latihan dengan motocross, mulai cedera ringan hingga patah tulang. Akibatnya, dia terpaksa absen pada beberapa seri balapan.

"Saya selalu mengendarai motocross, juga setelah 2010, karena saya suka. Saya sangat menikmatinya dan saya pikir ini adalah latihan yang paling bagus untuk fisik dan mental," ujar Rossi, dikutip dari Motomatters.com.

Meski berbahaya, tapi para pebalap MotoGP ini juga mengakui bahwa latihan dengan motocross memiliki banyak manfaat yang bisa diterapkan di lintasan aspal.

Jadi, apa saja sebenarnya manfaat latihan di lintasan motocross bagi para pebalap MotoGP yang bersaing di lintasan aspal?

1. Meningkatkan Kekuatan Tubuh
Lintasan motocross memiliki rintangan dan tantangan yang berbeda dari lintasan aspal. Sulit untuk menjinakkan motor dan lintasannya.

Para pebalap harus mampu bermanuver, melompat tinggi, dan memacu motor, serta mencatatkan waktu terbaik. Tiap bagian tubuh benar-benar dimaksimalkan, mulai dari bahu, otot lengan, paha depan, paha belakang, dan otot-otot kaki.

Meningkatkan fisik memang bisa dilakukan dengan latihan di gym. Tapi, latihan dengan menggunakan motor motocross bukan hanya akan melatih fisik saja.

2. Meningkatkan Keseimbangan Pebalap
Melaju di lintasan tanah, pasir, atau berlumpur, tentu lebih licin daripada lintasan aspal. Cengkraman ban terhadap tanah tentu berbeda dengan aspal.

Sehingga, pebalap akan terlatih fokusnya untuk membuat motor tidak terjatuh. Manfaatnya bisa dirasakan para pebalap MotoGP saat mengerem, menikung, atau balapan di lintasan yang basah karena hujan.

Follow Berita iNews Depok di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.