Logo Network
Network

Uni Eropa Perkuat Cekikan ke Ekonomi Rusia, Kali Tambang Batu Bara Akan Disanksi

Benedict J. C. Pietersz
.
Kamis, 08 Desember 2022 | 08:58 WIB
Uni Eropa Perkuat Cekikan ke Ekonomi Rusia, Kali Tambang Batu Bara Akan Disanksi
Di Rusia terdapat setidaknya 10 pertambangan yang terkenal. Pertambangan batu bara Kuzbass Leninsk, misalnya, adalah salah satu yang terbesar di dunia. Foto: Internasional Mining

JAKARTA, iNewsDepok.id - Komisi Eropa sedang mempertimbangkan untuk menambahkan larangan investasi di sektor pertambangan Rusia ke paket sanksi kesembilannya.

Larangan tersebut akan memberikan pengecualian untuk beberapa produk di industri pertambangan.  

Melansir dari Russia Today, Rusia memiliki sektor pertambangan yang luas dan Brussel percaya bahwa menargetkannya akan membantu Barat memberikan tekanan ekonomi lebih lanjut dan mengurangi kemampuan Rusia untuk mendanai operasi militernya di Ukraina.

Paket sanksi yang akan datang diharapkan selesai pada akhir minggu depan. Tindakan tersebut membutuhkan persetujuan dengan suara bulat oleh semua 27 negara anggota UE.

Paket tersebut juga akan mencakup kontrol ekspor pada produk dan teknologi penggunaan ganda yang dapat digunakan oleh industri pertahanan Rusia.

Rusia adalah pemasok global utama titanium, paladium, emas, bijih besi, dan uranium. Industri pertambangannya menyumbang seperempat dari semua investasi asing Rusia sebelum konflik Ukraina, menurut Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) yang berbasis di Paris.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.