get app
inews
Aa Read Next : Wali Kota Depok Ajak Masyarakat Sukseskan TMMD ke 121: Mari Perkuat Gotong Royong Bangun Depok

Wali Kota Depok Ingatkan Manusia Makhluk Sosial Harus Bermasyarakat

Jum'at, 02 Desember 2022 | 14:05 WIB
header img
Wali Kota Depok Mohammad Idris saat menjadi Khatib Salat Jumat di Masjid At-Taqwa Kelurahan Jatimulya Kecamatan Cilodong, Jumat (02/12/22). Foto: Diskominfo Kota Depok

DEPOK, iNewsDepok.idWali Kota Depok  Mohammad Idris mengingatkan manusia adalah mahkluk sosial sehingga harus bermasyarakat. Tuntunan untuk bermasyarakat juga ditekankan dalam agama.

Mohammad Idris menyatakan hal tersebut saat khotbah di Masjid At-Taqwa Kelurahan Jatimulya Kecamatan Cilodong, Jumat (02/12/22).

"Manusia adalah mahluk sosial, bukan makhluk yang sendirian, bukan makhluk yang egois," kata Mohammad Idris.

Idris mengutip Surat Al-Asr bahwa seluruh manusia dalam kerugian, kecuali mereka yang beriman. Allah sengaja menggunakan kata jamak atau plural, jadi orang-orang yang beriman, bukan hanya satu orang yang beriman.  

"Saling berwasiat artinya ada dua belah pihak tidak hanya satu pihak, berwasiat dengan kebenaran dan kesabaran, begitulah Allah SWT menjelaskan dalam Alquran," ujar Mohammad Idris.

Lanjut Idris memaparkan dalam hadits riwayat Imam Ahmad disebutkan seorang mukmin yang beriman yang dia berinteraksi, bersosialisasi dalam masyarakat, lalu dia juga bersabar ketika bersosialisasi dengan masyarakat, maka lebih baik mukmin itu dari pada mukmin yang tidak bermasyarakat.

Idris menyatakan dalam bermasyarakat memang perlu kesabaran. Pasalnya banyak rintangan, cobaan, hingga gangguan.

"Dan itulah yang akan dirasakan ketika bermasyarakat, tapi itu lebih baik kata Rasulullah daripada kita hidup eksklusif, tidak mau bermasyarakat, mencari aman, mencari nyaman dalam kesendirian," ujarnya.
 

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut