get app
inews
Aa Read Next : Dukung Program Digitalisasi di Pertamina, PT PDC Ciptakan Aplikasi Dokumen Pajak Untuk Pekerjanya

Simak! Ini Daftar 7 Jurusan yang Lulusannya Dibutuhkan PT Pertamina, Gajinya Tinggi

Rabu, 30 November 2022 | 07:14 WIB
header img
Lulusan dari jurusan teknik perminyakan menjadi salah satu yang dibutuhkan PT Pertamina. Foto ilustrasi: Dok Humas UP/Universitas Pertamina

DEPOK, iNewsDepok.id - Tak sedikit orang yang tertarik untuk berkarier di PT Pertamina. Pasalnya, berkarier di perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini menjanjikan gaji yang menggiurkan.

Karena itu, banyak mahasiswa yang tertarik untuk kuliah di jurusan yang lulusannya dibutuhkan oleh perusahaan minyak dan gas alam (migas) terbesar di Indonesia ini. Umumnya jurusan kuliah yang dibutuhkan untuk bekerja di PT Pertamina adalah program studi teknik.

Lantas jurusan kuliah apa saja yang lulusannya dibutuhkan oleh PT Pertamina? Berikut 7 jurusan kuliah yang lulusannya dibutuhkan PT Pertamina, seperti dirangkum pada Rabu (30/11/2022):

  1. Teknik Pertambangan

Mengingat PT Pertamina yang merupakan badan usaha yang bergerak di bidang pertambangan membuat jurusan kuliah ini memiliki tempat tersendiri. Bermodalkan ilmu tentang proses penambangan membuat lulusan teknik pertambangan akan dipandang lebih.

Program studi teknik pertambangan yang terbaik di Tanah Air di antaranya ada di Institut Teknik Bandung dan Universitas Hasanuddin Makassar.  

  1. Teknik Perminyakan

Sebagai badan usaha yang bergerak di bidang migas maka PT Pertamina membutuhkan lulusan teknik perminyakan. Pada program studi ini banyak mempelajari tentang sumber daya alam yang berkaitan dengan gas dan minyak.

Adapun bekal yang dimiliki oleh lulusan Jurusan Teknik Perminyakan adalah pengetahuan tentang pengeboran, distribusi dan ekonomi migas.

Beberapa universitas yang menyediakan jurusan teknik perminyakan antara lain Universitas Pertamina, Universitas Trisakti dan Institut Teknologi Bandung.  

  1. Teknik Sipil

Jurusan teknik sipil lulusannya termasuk yang dicari oleh PT Pertamina. Teknik Sipil merupakan jurusan yang mempelajari tentang cara merancang, membangun, dan merenovasi infrastruktur ini juga penting dalam industri pertambangan.

Beberapa perguruan tinggi yang menyediakan jurusan ini di antaranya, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Bina Nusantara.

  1. Teknik Mesin

Lulusan teknik mesin tidak hanya bekerja di bengkel atau industri otomotif saja, tetapi lulusannya juga dibutuhkan PT Pertamina.

Para lulusan jurusan ini memiliki bekal yang bagus untuk melakukan perawatan dan memperbaiki kerusakan pada mesin, sehingga akan berguna di PT Pertamina karena  industri pertambangan ini akan dekat dan bergantung pada mesin dalam prosesnya.

Beberapa perguruan tinggi terbaik yang menyediakan prodi ini adalah, Institut Teknik Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Institut Teknik Sepuluh Nopember.

  1. Teknik Informatika

Di tengah meningkatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membuat jurusan teknik informatika dibutuhkan oleh setiap perusahaan, yang berkaitan dengan keahliannya yang menguasai bahasa pemrograman. Di perusahaan seperti PT Pertamina terdapat posisi IT yang nantinya akan diisi oleh lulusan jurusan ini.

Perguruan Tinggi penyedia jurusan kuliah ini di antaranya Institut Teknik Bandung, Institut Teknik Sepuluh Nopember, Universitas Padjadjaran, hingga Universitas Diponegoro.

  1. Akuntansi

Meskipun bisa dibilang cukup jarang PT Pertamina membuka untuk akuntan namun tak lepas kemungkinan bahwa lulusan akuntansi juga dapat bekerja di BUMN tersebut. Karena sebagai sebuah perusahaan peran sosok akuntan pasti tak bisa dilepaskan terlebih bagi perusahaan besar sekelas Pertamina.

Banyak sekali universitas yang membuka jurusan ini mulai dari yang ternama seperti Universitas Indonesia hingga berbagai Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi.

  1. Manajemen Bisnis

Para lulusan manajemen bisnis punya kemampuan mengorganisasi dan mengelola baik sumber daya alam maupun manusia agar perusahaan berjalan sesuai dengan perencanaan. Lulusan jurusan ini memang bisa cocok untuk masuk perusahaan apa pun yang membutuhkan termasuk juga PT Pertamina.

Banyak universitas di Indonesia yang telah menyediakan prodi ini mulai dari Universitas Gadjah Mada hingga Universitas Padjadjaran.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut