get app
inews
Aa Read Next : Timnas Indonesia Potensial Kedatangan 5 Pemain Baru dari Eropa di Sela Kualifikasi Piala Dunia 2026

Rusia Ingin Gabung AFC, Peluang Timnas Indonesia Lolos Piala Dunia 2026 Makin Kecil!

Selasa, 29 November 2022 | 15:25 WIB
header img
Federasi Sepakbola Rusia (RFU) ingin Rusia akan bergabung dengan Konfederasi Sepakbola Asia (AFC). Foto: Instagram @teamrussia

JAKARTA, iNewsDepok.id - Presiden Federasi Sepakbola Rusia (RFU), Aleksander Dyukov, mengatakan Rusia akan bergabung dengan Konfederasi Sepakbola Asia (AFC). Hal itu menjadi pertimbangan usai Rusia didepak dari FIFA dan UEFA hingga batal mengikuti Piala Dunia 2022.

Rusia seharusnya lolos ke playoff Piala Dunia 2022 zona Eropa dengan berada di path B bersama Polandia, Swedia dan Republik Ceko. Akan tetapi, FIFA mencoret Tim Beruang Merah dari playoff lantaran Rusia menginvasi Ukraina.

Selain itu, klub-klub Rusia juga dilarang UEFA untuk mengikuti seluruh turnamen di Eropa. Hal tersebut pun membuat Rusia berencana pergi dari UEFA dan pindah ke AFC.

Selain letak geografis yang dekat dengan Asia, negara-negara Asia juga tak banyak yang meributkan aksi Rusia invasi ke Ukraina. Sedangkan negara-negara Eropa banyak yang mengecam serangan Rusia ke Ukraina. 

"Beberapa bulan lalu, saya mengatakan ide untuk gabung AFC terlalu dini. Namun, sekarang merupakan kesempatan yang harus kami pertimbangkan,” ujar Aleksander Dyukov dikutip dari The Thao 247, Selasa (29/11/2022).

“Saya belum berbicara dengan AFC karena UEFA masih mengganggap kami bagian dari Eropa. Tidak sopan terlibat dalam negosiasi di belakang UEFA, namun itu (pindah ke AFC) merupakan kemungkinan yang sedang kami lihat,” lanjutnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut