get app
inews
Aa Read Next : Aparatur Kelurahan Bojong Pondok Terong bersama Warga Bantu Korban Atap Roboh

Nasib Malang Korban Erupsi Semeru, Barangnya Hilang Dijarah

Jum'at, 10 Desember 2021 | 14:36 WIB
header img
Niwi, warga Dusun Sumbersari, Desa Supiturang, Kecamatan Probojowo, Lumajang hanya bisa melihat rumah di kampungnya terkubur material vulkanik Semeru. Foto: Sindonews

LUMAJANG, iNews.id –  Penjarahan barang korban erupsi gunung Semeru terjadi di Dusun Sumbersari Kamar A, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.

Personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Sarianto mengatakan pada hari ketiga erupsi Gunung Semeru, pihaknya bersama relawan datang ke Dusun Kamar A di wilayah Desa Supiturang.

"Kami datang untuk membantu warga mengevakuasi barang-barangnya. Karena rumah tak bisa ditempati akibat terkena abu vulkanik," kata Sarianto, , Jumat (10/12/2021). 

Saat itu banyak warga mengeluh kepadanya dan kepada beberapa relawan kalau barang milik warga banyak yang hilang. "Warga banyak curhat ke relawan dan kami, jika barang-barangnya banyak yang hilang, seperti kompor sampai ayam. Tidak laporan, tapi mengeluh kepada kami," ujarnya.

Personel BPBD Kabupaten Malang bersama BPBD Kota Batu, relawan serta TNI/Polri langsung bersiaga di wilayah dusun hingga malam hari untuk membantu mengamankan harta benda warga.

"Pencegahan kami adalah bertahan di lokasi sampai malam. Sekaligus menghalau warga tak memiliki kepentingan ke lokasi," tuturnya

Sebagai informasi Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo merupakan lokasi yang terdampak erupsi Gunung Semeru, pada Sabtu 4 Desember 2021 lalu. Sebanyak ratusan rumah di desa tersebut dampak dengan diselimuti abu vulkanik dan terkena banjir lahar dari Gunung Semeru.

Editor : Ikawati

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut