get app
inews
Aa Read Next : Talkshow Konten Kreatif Berbasis Budaya Lokal Sukses Digelar di FRP Ternate

Pulihan Ekonomi, Kemenkominfo Prioritaskan Akselerasi Transformasi Digital

Senin, 28 November 2022 | 01:10 WIB
header img
Kemenkominfo akan memprioritaskan akselerasi transformasi digital guna pemulihan ekonomi. Foto: Antara/iNews

JAKARTA, iNewsDepok.id - Kemenkominfo akan memprioritaskan akselerasi transformasi digital guna mendukung pemulihan ekonomi.

Dirjen Aplikasinya Informatika (Apika) Kemenkominfo Samuel A. Pangerapan, mengatakan jika ekonomi digital merupakan bagian dari pilar transformasi digital yang akan menjadi penggerak baru pemulihan ekonomi global 

"Transformasi digital itu ada empat pilar. Pertama pilar infrastruktur, lalu pilar vertikal ada masyarakat digital, pemerintahan digital, dan ekonomi digital," kata Semuel, dalam keterangan resmi, dikutip Minggu (27/11/2022).

Sebelumnya, diketahui dalam Presidensi G20 Indonesia 2022 kemarin, kelompok kerja ekonomi digital atau Digital Economy Digital Working Group (DEWG) G20 bersama Kemenkominfo mereka membahas tiga isunutaja yang terdiri dari konektivitas dan pemulihan pasca pandemi Covid-19, kemampuan digital dan literasi digital dan terkahir arus data lintas batas negara.

Samuel juga menjelaskan pengadaan dari transformasi digital adalah untuk menciptakan pemulihan ekonomi global yang lebih inklusif terutama melalui integrasi digital usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Selain itu juga akan memperluas inklusi keuangan dan mempercepat literasi dan keterampilan digital serta mereformasi tata kelola digital.

Terkait dengan pemerintah, melalui Kemenkominfo akan terus berupaya meningkatkan infrastruktur untuk transformasi digital agar dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sekarat mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Setelah Palapa Ring diresmikan presiden, dilanjutkan program satelit yang sekarang lagi dipesan. Itu akan menyembuhkan ratusan ribu titik-titik layanan pemerintahan," ujar Semuel. 

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut