get app
inews
Aa Read Next : Keseringan Gonta-Ganti Warna Bikin Rambut Rusak, Ini yang Dilakukan Lisa BLACKPINK

5 Tips Memperbaiki Rambut Rusak

Minggu, 27 November 2022 | 06:49 WIB
header img
Tips memperbaiki rambut rusak. Foto: freepik

DEPOK, iNewsDepok.id -   Tips memperbaiki rambut rusak. Rambut yang pernah terkena bahan kimia bleaching dan pewarna rambut ataupun heat-styling cenderung lebih mudah rusak. Beberapa orang ada yang kerusakannya sangat terlihat ataupun tidak, semuanya kembali ke kondisi dan kekuatan rambut setiap orang.

Melansir dari kiehls.com, sebelum mengetahui bagaimana memperbaiki rambut yang rusak, harus diketahui dulu apa yang terjadi ketika rambut rusak dan apa saja yang biasa menyebabkan kerusakan pada rambut.

Tips Memperbaiki Rambut Rusak

Setiap helaian rambut terdiri dari tiga lapis utama. Lapisan terdalam rambut atau medula yang membentuk inti dari setiap helai, lapisan tengah adalah korteks yang menentukan tekstur rambut, dan lapisan terakhir adalah kutikula yang berfungsi sebagai penghalang dan memberu pelindungan terhadaplapisan terdalam.

Ketika kutikula rusak, maka akan kehilangan lapisan lipid sehingga membuat rambut kasar dan tampak kusam. Tanpa penghalang kutikula, korteks dan medula akan retak patah dan terbelah.

Apa yang menyebabkan rambut rusak?

Penyebab umum dari kerusakan rambut adalah penggunaan alatstyling yang panas, paparan bahan kimia seperti penggunaan pewarna dan bleaching rambut, juga terkena bahan kimia yang biasa ada dinkolam renang.

Gesekan kuat dari handuk ketika mengeringkan rambut bahkan bisa menjadi salah satu penyebab kerusakan rambut.


Tips memperbaiki dan merawat rambut rusak. (foto: freepik)

Setelah mengetahui apa yang terjadi ketika rambut rusak dan penyebab kerusakan rambut, anda bisa memperhatikan tips-tips ini untuk merawat dan memperbaiki rambut anda.

1. Sampo untuk menghilangkan minyak berlebih dan kotoran

Gunakanlah sampo yang mampu menghidrasi rambut seperti sampo yang memiliki bahan yang baik diantara lain; buah zaitun, minyak alpukat, minyak lemon dan hyaluronic acid. Sampo dengan kandungan ini akan membersihkan rambut kering sambil mengembalikan kelembapan sehingga rambut tampak berkilau dan sehat.

2. Kondisioner untuk melindungi kutikula

Pilih kondisioner dengan bahan-bahan yang baik sepert minyak alpukat, buah zaitun, hyaluronic acid, dan ceramides. Kondisioner dengan bahan-bahan tersebut memiliki formulasi yang dapat melumasi rambut dan mengembalikan lipid luar kutikula sehingga rambut lebih halus dan lembut.

Bukan hanya itu, bahan ini juga berfungsi untuk menghidrasi rambut dan memperkuat helaian rambut sehingga tidak mudah patah dan rontok.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut