get app
inews
Aa Read Next : Shayne Pattynama Persembahkan Gol Perdana untuk Timnas Indonesia vs Irak

Alasan Pemain Timnas Iran Tolak Nyanyikan Lagu Kebangsaan Iran di Piala Dunia 2022

Selasa, 22 November 2022 | 16:20 WIB
header img
Timnas Iran tak membawakan lagu kebangsaan Iran di Piala Dunia 2022. Foto: Reuters

JAKARTA, iNewsDepok.id - Pemain Timnas Iran tidak menyanyikan lagu kebangsaannya saat melawan Timnas Inggris di Piala Dunia 2022. Ternyata, hal tersebut merupakan bentuk protes mereka terhadap pemerintah Iran

Pertandingan Iran melawan Inggris berlangsung di Stadion Internasional Khalifa, Senin (21/11/2022). Pada laga itu, para pemain Timnas Iran menolak membawakan lagu kebangsaan mereka sebagai bentuk protes pada pemerintah Iran terkait isu Hak Asasi Manusia (HAM).

Seperti yang diketahui, Iran belakangan ini digencarkan dengan isu pelanggaran HAM yang dilakukan pemerintahahnya. Demonstran yang memprotes kebijakan berpakaian banyak menjadi korban kekerasan pihak aparat keamanan Iran. 

Mereka melakukan demonstrasi usai kematian wanita bernama Mahsa Amini setelah ditangkap pihak keamanan Iran. Wanita berusia 22 tahun ditangkap karena dianggap melanggar peraturan berpakaian, termasuk kewajiban berjilbab pada September lalu.

Atas kejadian itu, pemain Timnas Iran menolak nyanyikan lagu kebangsaan Iran dan tak merayakan selebrasi ketika mencetak gol. Kapten Timnas Iran, Hajsafi mengatakan hal tersebut sebagai bentuk dukungan untuk rakyat Iran.

"Kami harus menerima bahwa kondisi di negara kami tidak tepat dan rakyat kami tidak bahagia. Kami di sini, tapi bukan berarti kami tidak boleh menjadi suara mereka atau kami tidak boleh menghormati mereka,” kata Hajsafi, dilansir dari USA Today, Selasa (22/11/2022).

“Apapun kita berasal dari mereka. Kita harus bertarung. Kami harus melakukan yang terbaik yang kami bisa dan mencetak gol dan mempersembahkan hasilnya kepada orang-orang yang berduka di Iran. Dan saya berharap kondisinya berubah sesuai dengan harapan masyarakat,” sambungnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut